Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengatakan semua elemen masyarakat apapun profesinya wajib melaksanakan tugas fungsinya untuk mencintai tanah air dan membela negara. 

“Bela negara menjadi kewajiban seluruh elemen bangsa. Bicara bela negara bukan hanya faktor fisik saja, bukan hanya seperti tentara militer atau polisi, tetapi setiap elemen bangsa apapun profesinya dia berkewajiban membela negara sesuai dengan profesi fungsi masing-masing,” kata Pandji dalam sambutannya saat menjadi inspektur upacara Hari Kesadaran Nasional yang dirangkaikan dengan Hari Bela Negara yang ke-71 di Halaman Pendopo Bupati  Selasa.

Dia melanjutkan,  bela negara pengertiannya bukan hanya sebagai militer atau fisik, namun melaksanakan tugas secara benar untuk memelihara dan menjaga keutuhan bangsa juga bela negara. 

“Itu adalah bagian dari pada bela negara,” kata Pandji.

Oleh karena itu, Pandji mengingatkan agar masyarakat tidak memahami bela negara hanya sebatas aktifitas fisik, baris berbaris atau tindakan yang sifatnya militeristik.  

Dia mencontohkan, elemen bangsa yang berprofesi sebagai pegawai di perbankan menjadi  baik, profesional, dan cinta kepada negara dan bangsa.  

“begitu juga dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) melakukan tugas fungsi  dalam konteks mencintai dan membela negara sesuai dengan fungsi masing-masing,” katanya.

Pewarta: Lukman Hakim

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019