Wakil Walikota Serang Subadri Usuludin meminta kepada pengelola Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk lebih kreatif dan berinovatif dalam menampilkan usahanya, sehingga tercipta ciri khas produk Kota Serang yang dikenal di luar Banten, agar bisa bersaing di era digital.

"Waktu saya berkunjung ke Kota Padang, Sumatera Barat, masakan khasnya Rendang terkenal sampai mancanegara ternyata karena mampu dikemasnya dengan berbagai bentuk kemasan. Kota Serang juga punya ciri khas masakan namanya rabeg, kenapa tidak meniru rendang. Saya yakin bisa dikenal di luar Kota Serang," kata Subadri kepada sekitar 200 UMKM yang mengikuti seminar kewirausahaan di Serang, Kamis (12/12/2019).

Kondisi UMKM di Kota Serang, Subadri mengibaratkan "usahanya ada tetapi terkesan tidak ada", karena selain belum banyak yang menampilkan produk yang berinovatif, juga belum bersinergi dengan pihak perbankan, khususnya Bank Jabar Banten (bjb), padahal bjb diyakini mau menggelontorkan pinjaman modal usaha asalkan usaha kecil tersebut mampu meyakini pihak bank bahwa usahanya telah dikemas dengan baik.

Subadri mengapresiasi pihak bjb yang menggelar seminar kewirausahaan UMKM dengan tema berkaitan dengan perkembangan arus digitalisasi, mengingat era tersebut mau tidak mau harus dihadapi bila ingin berkembang.


Sementara itu,
W
 Pemimpin Divisi Kredit UMKM bank bjb Denny Mulyadi mengatakan kegiatan yang Seminar ini sudah beberapa kali diselenggarakan, sebelum di Kota Serang sudah dilakukan di Kota Cirebon dan Garut.

Sebagai agent development bank pembangunan daerah, kata Denny, bjb tentu punya peran aktif memajukan perekonomian di masing-masing daerah, salah satunya UMKM di Kota Serang.

Bank Jabar Banten, katanya, berupaya mendorong UMKM dari segi literasi, keuangan dan pemasaran, dan memberikan pengetahuan bagaima memasarkan produknya melalui media sosial. 

"bank bjb, bank daerah yang juga berstatus sebagai agen perubahan nasional menyadari betul kebutuhan para pelaku usaha untuk mendapat dukungan dalam mengarungi dan mengakselerasi usahanya," katanya.  

Hadir juga dalam seminar itu pemimpin bank bjb Kantor Regional IV Edi Kurniawan Saputra, Pemimpin Kantor bank bjb Cabang Khusus Banten Sakti Ramadhani, Yoyo Cahyono Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Serang, Warso Hari Pamungkas Kepala Dinas Kominfo Kota Serang, Kevin Heranussa Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Serang

Manfaatkan Teknologi Digital

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb M. Asádi Budiman mengatakan seminar tersebut dilaksanakan sebagai ajang pembekalan pengetahuan sekaligus gambaran praktik bagi para pelaku usaha mikro agar bisa memanfaatkan secara maksimal teknologi digital dalam menjalankan bisnisnya. Diharapkan para pelaku UMKM di Kota Serang nantinya bisa pengusaha go digital setelah menghadiri seminar bertema “Era Industri 4.0 dan Strategi Pemasaran Bagi UMKM” ini. 

"Kami menyadari pentingnya pemanfaatan teknologi digital untuk mengembangkan geliat usaha di tengah semakin ketatnya kompetisi yang terjadi. Inovasi dari segi produk maupun cara pemasaran menjadi kunci dalam segala lini usaha. Lewat seminar ini, bank bjb berusaha untuk memberikan segugus pengetahuan sebagai bekal kepada para pengusaha agar mereka bisa menangkap peluang dan tantangan serta mentransmisikannya menjadi strategi usaha yang efisien dan menguntungkan," kata Asádi.

bank bjb senantiasa berkomitmen untuk mendukung perkembangan UMKM di berbagai daerah. Keberadaan UMKM menjadi hal penting yang akan menentukan perkembangan usaha di suatu daerah. Perkembangan dunia usaha akan memberikan efek domino dengan menciptakan banyak ruang dan kesempatan untuk menjadi pintu masuk bagi terciptanya kesejahteraan lewat terdongkraknya kemampuan ekonomi warga.

Dalam praktiknya, bank bjb memiliki beragam cara untuk menunjukkan dorongan nyatanya terhadap pengusaha mikro. Bentuk dukungan bank bjb terhadap dunia usaha ini nampak dari berbagai produk layanan jasa keuangan dan program lainnya. Seperti diketahui, bank bjb menjadikan kredit mikro sebagai salah satu fokus utama dalam menunjang usaha perseroan. Untuk disebut, bank bjb juga memiliki segudang program yang pro terhadap kemajuan para pengusaha mikro, seperti Kredit bjb Mesra dan UMKM Jawara.




 

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019