Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebak menggelar Festival Budaya Seni dan Tradisi dalam rangka HUT Lebak yang ke 191 di Alun-Alun Kota Rangkasbitung, Jum'at.

Festival tersebut diikuti oleh tujuh provinsi dan satu dari mancanegara yang menampilkan seni tari dan budaya daerah masing-masing, hingga mampu menjadi magnet dengan dipadatinya area festival oleh masyarakat baik dari dalam, maupun luar daerah lebak.

Ketujuh provinsi tersebut adalah  Aceh, Riau, Lampung, DKI Jakarta , Kalimantan, Papua dan Banten. Sedangkan dari mancanegara diikuti oleh Negara Korea Selatan.Penampilan epic disuguhkan oleh masing-masing daerah dalam festival tersebut.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dalam sambutannya mengatakan festival ini merupakan jembatan kebudayaan untuk saling mengenal seni dan budaya masing-masing daerah.

Menurut Bupati Lebak, kegiatan ini merupakan momen penting bagi Lebak yang sedang merintis dan membangun arah baru menjadikan pariwisata sebagai visi yaitu "Lebak Menjadi Destinasi Wisata Unggulan Nasional Berbasis Potensi Lokal.

"Kami ucapkan selamat datang kepada peserta festival dari berbagai provinsi dan mancanegara, ini adalah saat yang tepat untuk saling mengenal budaya satu sama lainnya, dan ini adalah jembatan masing-masing daerah," Ungkap Bupati Lebak.

Dalam kesempatan itu, Iti memaparkan keanekaragaman seni budaya serta destinasi wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Lebak, seperti kebudayaan khas lebak seren taun, seba baduy, kawalu dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk distinasi wisata, Iti menjelaskan keunikan wisata dilebak, baik wisata pantai, goa, curug, perkebunan, museum dan lain sebagainya.

"Kita ingin agar kearipan lokal warga masyarakat lebak ini terus menerus hidup, dan kita majukan dengan cara kita sendiri. kita tidak ingin menengok kepada yang lain-lain. Kearipan lokal masyarakat Lebak ini menjadi modal dalam proses pembangunan kita ke depan," kata Iti.

Diakhir sambutannya Bupati lebak berpesan kepada masyarakat agar senantiasa terus menjalin komunikasi budaya, kabarkan yang terbaik yang dilihat, dengar, cium dan rasakan yang ada di Kabupaten Lebak.

Pimpinan group seni budaya asal Korea Selatan Mister Chang mengapresiasi adanya komunikasi budaya melalui festival ini, dia mengaku senang dan berharap kegiatan ini terus digalakan sampai tingkat pertukaran kebudayan antar negara.

"Saya lihat acara ini akan juga berkembang, kalau bisa saling bertukar (seni budaya) dengan Korea Selatan dan negara-negara lainnya," kata Chang

Mister Chang bersama seluruh personelnya juga tidak lupa mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Lebak.

Turut hadir Wakil Bupati Lebak Ade Ade Sumardi, Sekretaris Daerah Kabupaten Lebak Dede Jaelani dan para penggiat seni dan budaya. 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019