Enah Nurjanah Mahasiswa asal Banten yang tengah mengikuti Seleksi Alih Program (SAP) di Universitas Brawijaya (UB) Kota Malang, Jawa Timur, diminta untuk menjadi presenter pada The 5th Internasional Conference On Nursing (ICON) 2019 yang digelar di Widyaloka Convention Hall, Kampus UB pada Jumat 29 November 2019 akhir pekan kemarin.  

Enah merupakan mahasiswa pertama yang menyelesaikan tugas akhir dari seangkatan sebanyak 96 Mahasiswa dari berbagai daerah Indoneisia. 

Dalam tubel Seleksi Alih Program (SAP), ia telah menyelesaikan studi tahap pertamanya yakni menuntaskan tugas akhir Skripsi Program S-1 Keperawatan di Fakultas Kedokteran (FK) UB pada tanggal 15 November 2019 lalu.

Tahap selanjutnya adalah dia wajib mengikuti program studi profesi Ners (Sebutan untuk Profesi Perawat setingkat Sarjana) di FK UB seperti yang persyaratkan dalam tugas belajar selama sekitar satu tahun lagi hingga Desember 2020 mendatang.

Yang sempat menegangkan tentunya dan tidak diduga, dia mengaku diminta mempresentasikan hasil skripsinya dihadapan peserta konferensi dalam bahasa Inggris. 

Tentu saja ini pengalaman pertamanya berbicara dihadapan peserta konferensi dalam bahasa inggris. Sempat tidak percaya diri, Enah mangaku mendapat dorongan moril dari sang suami dan mendapat sambutan yang baik oleh peserta. Kata istri dari Ade Setiawan ini.

Dalam presentasinya, Enah menyajikan hasil penelitiannya yang berjudul “The Effects of Health Education in Hypertension Diets using Whatsapp Social Media on Knowledge and Self-efficacy of Patients with Hypertension”. 

Penelitian tersebut dilatarbelakangi oleh masalah tingginya angka penderita hipertensi, di Indonesia  prevalensi tertinggi Penyakit Tidak Menular (PTM) adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. 

Dalam paparan presentasinya enah menyampaikan bahwa masalah utama pada penderita hipertensi adalah ketidakpatuhan dalam menerapkan diet yang direkomendasikan, hal ini disebabkan karena belum optimalnya pendidikan kesehatan tentang diet yang diperoleh. 

Kemajuan teknologi informasi saat ini menurut enah dapat dijadikan peluang untuk menciptakan inovasi strategi pelayanan kesehatan, salah satunya yakni pendidikan kesehatan dengan menggunakan Whatsapp.

Enah menyatakan, bahwa penelitiannya bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan Whatsapp terhadap pengetahuan dan efikasi diri penderita hipertensi dalam melakukan diet sesuai anjuran petugas kesehatan. 

Hasil penelitiannya membuktikan bahwa pendidikan kesehatan menggunakan media sosial whatsapp mampu meningkatkan efikasi diri penderita hipertensi untuk menerapkan diet yang direkomendasikan. 

Enah mengaku diberikan kesempatan Tubel pada Jurusan Keperawatan FK UB Malang mewakili utusan Pemkab Lebak, Provinsi Banten sejak 1 Juli 2018 dengan alokasi pembiayaan bea siswa selama 2,5 tahun. 

Dia mengaku bersyukur diberi kesempatan tersebut ini dan kelak setelah selesai kuliah siap mengabdi untuk Kabupaten Lebak Provinsi Banten dimanapun ditempatkan.

Untuk diketahui, The 5th International Conference on Nursing (ICON) 2019 merupakan konferensi internasional bidang keperawatan yang diikuti oleh lima negara diantaranya Australia, Brunei Darussalam, Thailand, Filipina dan Indonesia. Even tersebut dilaksanakan pada tanggal 29-30 November 2019 bertempat di Universitas Brawijaya Kota Malang Provinsi Jawa Timur. 
Enah Nurjanah mahasiswa asal Banten telah menyelesaikan studi tahap pertamanya yakni menuntaskan tugas akhir Skripsi Program S-1 Keperawatan di Fakultas Kedokteran (FK) UB pada tanggal 15 November 2019 lalu. (Istimewa)




Konferensi ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta dalam hal ini perawat untuk menyebarluaskan pencapaian dalam bidang keperawatan, menambah pengetahuan dan berkontribusi pada pengembangan profesional menuju keperawatan global melalui penelitian dan praktik klinis yang unggul dan kompeten. 

Konferensi ini juga memberikan kesempatan untuk memajukan pemahaman dan keterampilan peserta mengenai praktik berbasis bukti ilmiah, meningkatkan kualitas layanan, dan penelitian. Kegiatan dalam konferensi berupa  seminar ilmiah dan workshop hasil penelitian dalam bidang keperawatan. 

Hasil penelitian disajikan dalam bentuk oral presentation dan poster presentation. Penyaji merupakan peserta konferensi dengan berbagai latar belakang  tingkat pendidikan keperawatan mulai dari Sarjana, Pasca Sarjana dan Doctoral.

Pewarta: Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019