Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Jawa Tengah, mengimbau warga untuk mewaspadai potensi hujan lebat karena dikhawatirkan dapat memicu bencana tanah longsor.

"Kami kembali mengimbau agar warga mewaspadai potensi hujan lebat, terutama dalam durasi yang lama," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banjarnegara, Arief Rahman di Banjarnegara, Sabtu.

Dia menambahkan, berdasarkan prakiraan BMKG, wilayah Banjarnegara berpeluang terjadi hujan dengan intensitas tinggi pada Minggu (1/12).

"Menurut informasi BMKG besok Banjarnegara berpeluang hujan dengan intensitas tinggi di hampir seluruh kecamatan yang ada di wilayah setempat," katanya.

Dia mengatakan potensi hujan meningkat pada siang hingga sore hari.

"Karena itu, warga yang tinggal di wilayah rawan bencana longsor perlu meningkatkan kewaspadaannya," katanya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara tengah meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi kemungkinan bencana saat musim hujan.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Andri Sulistyo mengatakan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara telah melakukan rapat koordinasi terkait kesiapsiagaan menghadapi musim hujan yang dihadiri sejumlah instansi terkait.

Dalam rapat tersebut, Sekretaris Daerah Banjarnegara, Indarto meminta semua pihak untuk mewaspadai potensi ancaman bencana pada musim peralihan hingga puncak musim hujan nantinya.

Indarto meminta seluruh pihak untuk mewaspadai ancaman bencana seperti longsor, banjir, dan juga angin kencang. "Waspadai ancaman bencana pada musim peralihan hingga puncak musim hujan, terutama bagi mereka yang tinggal di lokasi rawan bencana," katanya. ***3***
T.W004

Pewarta: Wuryanti Puspitasari

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019