Go Life (Gojek) dan KiosTix membangkitkan semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa melalui pemberian motivasi sebagai upaya mendukung pemerintah mewujudkan jumlah wirausaha sampai dengan lima persen tahun 2020.

"Untuk menjadi wirausaha butuh tiga hal yakni sikap yang baik, profesional, dan kredibilitas," kata Noer Adham Satria  Head of Customer Eperience Excellence Go Life dalam kegiatan diskusi dengan mahasiswa Universitas Negeri Jakarta, Selasa.

Dalam diskusi bertajuk Build your Business by Expanding your Relations ini, Noer Adham Satria bersama dengan Andhika Soetalaksana selaku VP Sales and Partnership KiosTix menyampaikan kiat-kiat untuk menjadi wirausaha.

Menurut Adham sikap baik, profesional, dan kredibilitas dibutuhkan untuk mempermudah membangun relasi.

Adham mengatakan jika menulis pesan untuk meminta pekerjaan atau bantuan sudah santun maka lawan bicara juga akan senang hati membantu dan menawarkan pekerjaan. 

Sedangkan Andhika Soetalaksana  VP Sales and Partnership Kiostix untuk menjadi wirausaha membutuhkan keberanian.

"Banyak dari kita yang takut untuk memulai pembicaraan terutama dengan warga asing padahal penampilan pertama itu sangat penting dalam membangun koneksi," kata Andhika .

Kedepannya Indonesia akan menjadi negara yang besar dengan berbagai macam pekerjaan yang akan ditawarkan untuk itu penting bagi generasi muda untuk membangun relasi agar mampu mengikuti zaman dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. 

Andhika mengatakan koneksi merupakan hal paling penting dalam dunia kerja, oleh karena itu dia meminta para kaum muda untuk memanfaatkan waktu yang ada terlebih untuk yang masih duduk di bangku kuliah untuk memperbanyak relasi dan keluar dari zona nyaman agar mampu bertemu dan berbicara dengan banyak orang.

Di zaman sekarang pintar saja tidak cukup untuk mampu bekerja tapi kita harus menjadi cepat dan produktif. Salah satu cara bantuan dengan menjadi cepat adalah dengan memiliki banyak relasi yang dapat membantu kita, tutup Andhika. 

Kiostix sendiri dalam waktu dekat ini akan mengadakan live concert bersama Ardhito Pramono di kawasan Kemang pada Minggu, 1 Desember 2019. Dirinya berharap para mahasiswa akan datang dan berinteraksi dengan orang asing pada live concert ini. 

Berdasarkan data jumlah wirausaha di Indonesia baru mencapai 3,1 persen masih rendah kalau dibanding negara lain, seperti Singapura yang telah mencapai 7 persen dan Malaysia sebesar 5 persen.

Pewarta: Ganet dan Alya

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019