PT ABM Investama Tbk (kode bursa ABMM) melalui anak usaha CKB Logistics segera mengoperasikan gudang baru Jawa Timur tepatnya berlokasi di Central Business Park Osowilangon Surabaya tahun 2020 mendatang seluas 25.000 meter persegi.

"Kapasitas gudang di Central Business Park Osowilangon kami tambah 25.000 meter persegi sehingga total seluruhnya menjadi 55.000 meter persegi," kata Chief Administration Officer PT CKB Logistik Yushi T. Ismayudha di Jakarta, Kamis.

Menurut Yushi pembangunan hub logistik Surabaya merupakan bagian dari strategi perusahaan dalam mengantisipasi pertumbuhan industri di kawasan Indonesia Timur. 

"Hal ini seiring dengan rencana strategis pemerintah pusat yang mengarahkan fokus pembangunan infrastruktur dan kawasan industri ke wilayah Indonesia Timur,” ujar Yushi.

Hub Logistik di Central Business Park Osowilangon lebih strategis karena dekat dengan pelabuhan Tanjung Perak dan Teluk Lamong, bandara Juanda, akses jalan tol yang berada di kawasan industri dan gudang yang modern serta didukung dengan layanan logistik yang terpadu. 

"Kawasan pergudangan kami didukung sistem teknologi informasi dan komunikasi serta pengawasan barang yang efektif," ujar dia. 

Yushi menjelaskan bahwa hub Logistik Surabaya ini difokuskan untuk mendukung para pelaku industri yang bergerak di sektor pertambangan dan minyak/gas yang memiliki wilayah kerja di Jawa Timur dan Indonesia Timur. 

Baca juga: Krakatau Bandar Samudera Bangun Pergudangan Terpadu

Baca juga: Studi tunjukan e-commerce sumbang 58 persen nilai investasi

Baca juga: Menkeu pastikan impor tekstil ilegal tidak melalui PLB karena prosedur ketat

"Jenis barang yang disimpan dan dikelola di fasilitas Hub Logistik Surabaya terutama alat berat pertambangan, spareparts, ban, besi baja, bahan baku tekstil, bahan baku tembakau dan kemasan," ujar dia. 

Hub Logistik di Central Business Park Osowilangon ini juga dilengkapi dengan fasilitas gudang Pusat Logistik Berikat (PLB) seluas 8,500 meter persegi yang terbagi menjadi gudang tertutup dan terbuka. 

Selain itu, di Surabaya, CKB Logistics juga memiliki fasilitas gudang PLB di kawasan Pergudangan Margomulyo seluas 5,000 meter persegi, jelas Yushi.

Secara nasional CKB Logistics memiliki tujuh pusat logistik berikat yang tersebar di seluruh Indonesia. Lokasi fasilitas PLB CKB Logistics berada di Jakarta (Cakung dan Marunda), Cilegon, Karawang, Surabaya (Osowilangon dan Margomulyo) dan Balikpapan (Somber).

Ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh pemerintah sebagai regulator dengan beroperasinya PLB. Pertama, PLB menarik investasi langsung asing untuk membangun manufaktur di Indonesia.

Sedangkan kedua, mengurangi potensi kongesti pelabuhan dan mempercepat dwelling time. Ketiga, alur pengawasan barang impor lebih tertata dengan baik. Keempat, penerimaan bea masuk meningkat. Kelima, menjadikan Indonesia sebagai hub logistik di Asia Pasifik.

Sementara bagi pelaku usaha, proses arus barang menjadi lebih cepat dan efisien. Importir juga diuntungkan karena barang-barangnya tidak langsung terkena beban pajak sebelum keluar dari PLB.

Pusat Logistik Berikat (PLB) CKB Logistics ini sekaligus menjadi solusi transportasi dan logistik terpadu (Total Logistics Solution) dengan fokus mendukung industri minyak & gas, pertambangan, konstruksi/infrastruktur, ban, besi dan baja serta tekstil. 

"Kami optimistis dengan tingkat efisiensi yang semakin baik, daya saing industri nasional juga akan meningkat. Kami akan terus mengambil inisiatif untuk mengoptimalkan peluang ekonomi dan mendorong terciptanya efisiensi di industri logistik nasional," jelas Yushi.

CKB Logistics, anak perusahaan PT ABM Investama Tbk, merupakan perusahaan penyedia layanan logistik terpadu dan telah melayani sejumlah perusahaan melalui dukungan 50 lokasi jaringan operasional  di seluruh wilayah Indonesia.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019