Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Utara (Sulut), Daniel Mewengkang mengatakan, pemerintah daerah mengembangkan kawasan segitiga Manado, Bitung dan Likupang (Mabili).

"Kita masuk dalam pengembangan pariwisata super prioritas, di Indonesia ada lima daerah, Sulut salah satu dari lima daerah yang dikembangkan," kata Daniel pada "Media Gathering" yang diinisiasi Biro Protokol dan Humas Setdaprov Sulut di Manado, Rabu.

Salah satu indikator provinsi di ujung Utara Sulawesi itu masuk dalam pengembangan pariwisata super prioritas adalah dinobatkannya Sulut sebagai "The rising star" laju pertumbuhan dan tingkat kunjungan wisatawan.

Lonjakan kunjungan wisatawan, sebut dia, mencapai 500 persen bila dibandingkan periode tahun 2016 yang hanya sebanyak 40 ribu orang.

"Saat ini jumlah kunjungan wisatawan telah mencapai lebih dari 100 ribu orang," sebutnya.

Terus meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan setiap tahunnya, sebut dia, erat kaitannya dengan komitmen Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw memajukan sektor ini.

Komitmen pemerintahan Gubernur dan Wakil Gubernur ini tampak pada dibukanya rute penerbangan baru Manado-Davao setelah Manado ke beberapa kota di China.

"Ini terobosan yang dilakukan gubernur dan wakil gubernur menambah jalur penerbangan," ujarnya.

Meski begitu kata dia, pengembangan sektor pariwisata ini masih dihadapkan dengan kendala sumber daya manusia.

"Karena itu dari tujuh program prioritas pembangunan di tahun 2020, pemerintah memantapkan sumber daya manusia sektor pariwisata," jelasnya.

 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019