Bupati Pandelang Irna Narulita memperkenalkan produk pangan khas Pandeglang kepada para pengunjung dengan berjualan langsung di stand pameran pada peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) Ke-39 tahun 2019, di Kendari Sulawesi Tenggara.

"Bapak Ibu, ini saya perkenalkan produk pangan lokal khas pandeglang, kue bolu Rhino cake terbuat dari tales beneng, enak, cakep, rasanya tidak kalah sama kue bolu dari daerah yang lain," kata Irna  kepada para pengunjung stand pameran, di Pelataran eks Kawasan MTQ Kota Kendari, Sabtu (2/11).

menurut Irna, dirinya sengaja datang ke Kendari diundang untuk menghadiri peringatan  Hari Pangan Sedunia. Oleh karena itu ia tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk berjualan di stand pemeran.

"Selain itu, pemerintah daerah juga ingin memasarkan oleh-oleh asli Pandeglang kepada khalayak di seluruh Indonesia, bahwa pandeglang punya produk pangan lokal yang tak kalah enaknya, biar mereka tahu, oh ini lho pangan lokal khas pandeglang," katanya
 
Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) Ke-39 tahun 2019, di Kendari Sulawesi Tenggara dilaksanakan selama dua hari dari 2 hingga 5 November 2019. Peringatan tersebut dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, salah satunya adalah pameran pembangunan, berbagai stand dari seluruh daerah di Indonesia ikut serta memamerkan hasil olahan pangan dan inovasi teknologi pangan.

Irna menjelaskan, sebagai daerah yang memberikan kontribusi terhadap kedaulatan pangan nasional, pihaknya berharap potensi pangan di Kabupaten Pandeglang terus di kembangkan, baik olahan pangan maupun inovasi teknologinya, agar Pandeglang tetap menjadi salah satu daerah lumbung pangan baik di tingkat Provinsi maupun tingkat nasional. 

"Saya berharap apa yang menjadi target Pemerintah Pusat, Indonesia menjadi lumbung pangan tahun 2045 bisa terwujud," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang Muhamad Amri mengatakan, peringatan HPS 2019 kali ini, Pemkab Pandeglang membawa berbagai macam produk khas, diantaranya Batik Pandeglang, tales beneng yang sedang di kembangkan saat ini menjadi berbagai macam olahan pangan, Rhino cake, emping, tepung berbahan dasar dari jagung, mokaf, dan olahan snack lainya.

"Pokoknya semua olahan produk pangan lokal kita pasarkan disini," katanya.

Pameran hari pangan sedunia (HPS) di Kendari Sulawesi Tenggara dilaksanakan dari tanggal 2-5 november 2019, seluruh daerah tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia ikut serta dalam pameran hari pangan sedunia. 
 
Sekda Pandeglang Pery Hasanudin mendampingi Bupati Irna perkenalkan produk lokal Pandeglang di stand pameran Kendari, Sulteng. (Deni Setiadi)

Pewarta: Deni Setiadi

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019