Di tengah kesibukannya sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara, Hendik Sudaryanto sering menyempatkan diri berolahraga, khususnya bersepeda.

"Sambil bersepeda keliling kota, maka saya banyak melihat potensi Kota Tarakan, Kaltara ini menjadi Smart City dengan memanfaatkan pembayaran elektronik," katanya ditemui saat berolahraga di Kawasan Konservasi Hutan Mangrove Tarakan, Minggu.

Ia menilai perlu mengembangkan penggunaan uang elektronik dan QRIS (Uang Berbasis Dompet elektronik) dalam mendukung program smart city.

Kini inovasi pada instrumen pembayaran elektronik dengan menggunakan kartu dan aplikasi di telpon pintar telah berkembang menjadi bentuk yang lebih praktis.

"Misalnya kegiatan transaksi di kawasan wisata seperti Hutan Mangrove jika menggunakan uang elektronik akan lebih praktis dan mengurangi kejahatan ketimbang bawa uang cash (kontan)," ujarnya.

Di sekitar kawasan wana wisata konservasi itu tumbuh wisata kuliner yang kini tampak rapi karena dikelola pemerintah.

Pembayaran elektronik sangat "applicable" untuk transaksi massal yang nilainya kecil namun frekuensinya tinggi, antara lain transportasi, parkir, tol, dan makanan cepat saji.

Di Indonesia sedang berkembang suatu instrumen pembayaran yang dikenal dengan uang elektronik.

Karakteristik yang sedikit berbeda dengan instrumen pembayaran lainnya seperti kartu kredit dan kartu ATM atau debit

Tetapi, kata dia penggunaan instrumennya tetap sama dengan kartu kredit dan kartu ATM atau debit, yaitu ditujukan untuk pembayaran.

Secara sederhana, uang elektronik adalah alat pembayaran dalam bentuk elektronik, yakni nilai uangnya disimpan dalam media elektronik tertentu.

Penggunaan Uang Elektronik sebagai alat pembayaran dapat memberikan banyak manfaat antara lain, memberikan kemudahan dan kecepatan dalam melakukan transaksi-transaksi pembayaran tanpa perlu membawa uang tunai.

Tidak lagi menerima uang kembalian dalam bentuk barang, misalnya permen akibat padagang tidak mempunyai uang kembalian receh.

"Selain uang elektronik berbasis Kartu ada juga Dompet Elektronik dgn menggunakan smartphone," imbuhnya.
Obyek wisata kuliner di sekitar wana wisata mangrove Tarakan (ANTARA/iskandar Zulkarnaen)

Pewarta: Iskandar Zulkarnaen

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019