Pelantikan Penegak Laksana yang dilaksanakan oleh Keluarga Pramuka Pangkalan Mandrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pandeglang hendaknya dapat menumbuhkan karakter kesholehan sosial bagi peserta.

"Dengan momentum kegiatan Pelantikan Penegak Laksana ini, saya berharap dapat dijadikan sarana ibadah melalui tadabur alam dan pendidikan Leadership, guna menumbuhkan jiwa dan karakter kesholehan sosial," kata Kepala Madrasah MAN 2 Pandeglang  H. Slamet saat membuka acara tersebut di Pemda Cipanas Cisolong Pandeglang, Jumat.  

Rangkaian kegiatan pelantikan diawali dengan upacara pembukaan yang dilaksanakan di Kampus MAN 2 Pandeglang. Selain dihadiri oleh Kepala Madrasah, H. Slamet, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh segenap civitas akademika MAN 2.

Kegiatan pelantikan merupakan salah satu program kerja dari pengurus Dewan Ambalan Pramuka Pangkalan MAN 2 Pandeglang gudep 05073-05074 masa bakti 2018/2019, yang diikuti oleh 80 orang peserta dari kelas XI selama dua hari, dari 1 hingga 2 Oktober 2019.

Sementara itu Pembina Pramuka MAN 2 Pandeglang Hasan Afifi menjelaskan, kegiatan pelantikan rutin dilaksanakan setiap tahun, biasanya dilaksanakan setelah Pelantikan Bantara dan Pelantikan Tamu Ambalan (PTA).

"Pelantikan Penegak Laksana ini kegiatannya lebih menantang, selain harus menjelajah selama kurang lebih 7-8 jam perjalanan dengan jarak tempuh 10 km, para peserta juga wajib melakukan pengabdian kepada masyarakat, misalnya membersihkan masjid/musholla, gotong royong membersihkan selokan bersama masyarakat, membantu pekerjaan rumah tangga warga dan lain-lain," kata Hasan.

Selain itu kata Hasan, peserta  juga dituntut menjalankan langsung rutinitas masyarakat, sehingga akan menjadi pembelajaran yang sangat bermanfaat sebagai bekal saat nanti mereka kembali kepada masyarakat.

"KIta ajak peserta mengikuti aktfitas masyarakat, selain itu peserta juga dilatih kemandirian dan kecakapan hidup (survival), dengan suguhan materi-materi menarik dari Kak Irwandi, mantan pengurus DKC juga Pemred Badak Pos.

Hasan menambahkan, sebagai ciri khas Pramuka Madrasah, peserta juga diwajibkan melaksanakan shalat wajib berjamaah, yasinan, do'a bersama dan sholat sunnah tahajud sebagai sarana meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Kegiatan ini diakhiri dengan upacara penutupan dan setelah itu para peserta melepaskan rasa kegembiraannya dengan berendam di obyek wisata kolam air panas Cisolong.
Usai pelaksanaan upacara pelantikan
.




 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019