Wali Kota Tangerang, Banten Arief R Wismansyah berharap pembentukan 1.000 kampung pemuda yang baru saja dideklarasikan bisa segera terwujud dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

"Saya tidak ingin pembentukan Kampung Pemuda hanya sebatas deklarasi, namun kita jalankan bersama-sama untuk kemajuan Kota Tangerang," kata Wali Kota Arief di Tangerang Rabu.

Dikatakannya, banyak peluang yang bisa dikembangkan oleh pemuda Kota Tangerang. Sektor Industri dan jasa yang terus berkembang di kota ini memiliki banyak ruang yang dapat dikembangkan dan membutuhkan SDM pemuda.

Dia mengatakan perkembangan teknologi yang banyak digandrungi pemuda, telah menjadi poin utama bagi pemuda sebagai pihak yang terlihat utama.

"Pemkot akan komitmen melaksanakan Kampung Pemuda dengan memberikan ruang kepada pemuda dalam membangun kot dan mulai terlibat langsung dari segi perencanaan dan pelaksanaan di lapangan. Pengawasan juga diperlukan untuk kebaikan bersama," ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Tangerang berkolaborasi dengan KNPI Kota Tangerang menggelar Millenial Expo dan Deklarasi 1.000 Kampung Pemuda dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-91 Tahun 2019 yang jatuh pada 28 Oktober 2019.

Dalam sambutannya Arief menegaskan bahwa untuk memajukan Kota Tangerang haruslah pula didukung dengan komitmen dari seluruh pemuda di Kota Tangerang.

Oleh karenanya, kedepan jelas Arief, Pemerintah Kota Tangerang akan memfasilitasi kegiatan pemuda yang berorientasi pada kreatifitas dan inovasi.

"Dari kegiatan deklarasi ini nanti kedepan akan dilakukan bimbingan teknis bagaimana pemuda-pemuda yang ada di Kota Tangerang harus ikut berperan aktif, dari pemuda oleh pemuda dan untuk pemuda," jelasnya.

"Contohnya dengan mereka ikut proses rembug warga, dari situ usulannya di fasilitasi dengan menggunakan dana APBD, mereka mau bikin BLK atau Co-working Space, Pelatihan Kewirausahaan dan membentuk usaha-usaha kecil, itu bisa difasilitasi lewat rembug warga," tambahnya.

Kegiatan Millenial Expo berlangsung mulai 26 Oktober hingga 3 November 2019 dengan menyuguhkan berbagai kegiatan kepemudaan. Selain itu, dalam kesempatan tersebut juga diserahkan pula Penghargaan untuk Pemuda Berprestasi Kota Tangerang dan Pemenang Lomba Karya Jurnalistik.

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia ( KNPI) Kota Tangerang, Uis Adi mengatakan langkah awal dari program Kampung Pemuda adalah dengan melakukan sosialisasi dan melihat potensi dari setiap wilayah yang ada.

Dalam kegiatan ini, KNPI akan melibatkan peran banyak pemuda dari setiap wilayah untuk membangun kota yang dimulai dari sektor terkecil yakni pemukiman.

"Potensi yang dikembangkan akan beragam sesuai dengan karakteristik wilayah. KNPI akan memberikan bantuan dari pendampingan hingga menganggkat potensi yang dimiliki," ujarnya.

 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019