Harga jual karet di tingkat petani di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, hingga kini masih rendah yang bertahan di harga jual Rp7.000 per kilogram.

"Rendahnya harga jual karet membuat petani terpuruk, kami berharap pemerintah segera turun tangan agar harga jual karet di Aceh Barat mengalami peningkatan," kata Aguswandi, seorang petani di Panton Reue, Kabupaten Aceh Barat, Senin.

Menurutnya, rendahnya harga jual yang diterima petani dari agen pengepul membuat petani terpaksa menjual dengan harga rendah, karena sebagian besar masyarakat di daerah itu berprofesi sebagai petani atau pun penderes karet.

Masyarakat juga menjadikan karet sebagai salah satu komoditi unggulan sebagai sumber pendapatan di rumah tangga, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Meski harga jual rendah, masyarakat saban hari terus menderes karet karena profesi ini mampu membuat ekonomi mereka bertahan, dan menjadi andalan sumber keuangan petani di desa.

Agar harga jual karet mengalami kenaikan, petani berharap Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui intansi terkait, dapat melakukan upaya atau terobosan agar harga jual komoditi karet mengalami kenaikan seperti di era tahun 2007 hingga 2010.

"Dulu harga jual karet membuat petani makmur, dan kami berharap harga karet juga mengalami kenaikan harga jual," kata Aguswandi.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019