Ratusan unit rumah di Kecamatan Tripa Makmur dan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh hingga Kamis malam terendam banjir dengan ketinggian mencapai 30 hingga 50 sentimeter setelah aliran sungai di daerah itu meluap akibat guyuran hujan lebat.

Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Nagan Raya, Muhammad Maksum SIP di Suka Makmue, Kamis malam, mengatakan ada pun sebaran banjir di daerah itu terjadi di Desa Ujong Krueng, Neubok Yee PP, Kecamatan Tripa Makmur dan Desa Ujong Lamie, Kecamatan Darul Makmur.

"Alhamdulillah sejauh ini belum ada masyarakat yang mengungsi," ujar Muhammad Maksum.

Menurutnya, bencana alam tersebut terjadi akibat angin kencang dan guyuran hujan yang terjadi sejak beberapa hari terakhir, sehingga mengakibatkan tiga desa di dua kecamatan terendam air.

Meski turut menganggu aktivitas masyarakat, namun pemerintah daerah memastikan tetap akan melakukan pemantauan di lokasi banjir, agar memastikan langkah dan penanganan yang diperlukan apabila sewaktu-waktu air sungai kembali meluap.

Sementara itu, Komandan Kodim 0116 Nagan Raya, Aceh, Letkol Inf Guruh Tjahyono mengatakan mengaku telah memerintahkan prajurit TNI untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir di Kecamatan Tripa Makmur dan Darul Makmur.

Menurutnya, dalamnya genangan banjir mencapai sekitar 50 sentimeter sehingga menyebabkan beberapa ruas jalan di daerah ini tidak dapat dilalui oleh masyarakat, baik menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Namun warga tetap bertahan di rumah masing masing dengan kondisi rumah terendam banjir.

“Saat ini ketinggian air setinggi lutut orang dewasa, dan kemungkinan akan bertambah apabila terus diguyur hujan," katanya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019