Gubernur Banten Wahidin Halim meresmikan Gedung Pelayanan Haji dan Umroh Terpadu Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pandeglang, Selasa.

Gedung baru yang dibangun menghabiskan anggaran Rp1.795.614.000,- yang bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) itu memiliki luas 400 meter persegi dengan konstruksi dua lantai, yang peruntukan lantai satu untuk pelayanan jamaah dan lantai dua sebagai ruang serba guna.


Kepala Kemenag Pandeglang, Endang  menyatakan  dengan adanya gedung layanan ini akan menjadi pusat layanan terpadu bagi caloon jamaah haji dan umroh,

“Layanannya meliputi layanan informasi, pendaftaran, pembayaran melalui bank yang ditunjuk, serta layanan bimbingan manasik haji dan umroh," katanya.

Sementara itu Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten A. Bazary Syam mengungkapkan, gedung Layanan ini merupakan inovasi dari Kementerian Agama RI yang dilaksanakan tahun ini.

"Pada 2019 ini ada 16 PLHUT (Pusat Layanan Haji Umroh Terpadu) di Kemenag kabupaten/kota se-Indonesia, dan Pandeglang merupakan yang pertama kalinya untuk wilayah Provinsi Banten."katanya. 

Pembangunan gedung terpadu itu  merupakan bagian dari upaya Kementerian Agama memperbaiki sarana dan prasarana dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

“Kalau nanti sarana dan prasarananya sudah bagus maka tidak ada alasan lagi pelayanan haji menjadi lambat dan kurang maksimal," terangnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang, Pery Hasanudin menyambut baik dengan dibangunnya PLHUT tersebut. “Alhamdulilah saya sangat mengapresiasi dengan dibangunnya gedung ini, semoga akan semakin memudahkan para calon jamaah haji dan umroh, khususnya untuk warga Pandeglang," ujarnya. 

Sementara Gubernur Banten, Wahidin Halim pada kesempatan itu sangat mengapresiasi telah dibangunnya gedung pelayanan haji dan umroh yang cukup megah itu.

Begitu juga dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pandeglang, Nina Kartini,SH MH yang usai diresmikan yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh WH itu, langsung meninjau gedung baru tersebut.

"Bangunan ini cukup megah, dan dibangun tepat waktu. Semoga dapat melayani masyarakat dengan baik dan prima," katanya.
 

Pewarta: Deni Setiadi

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019