Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengharapkan hari jadi Kabupaten Serang ke 493 tahun 2019, hendaknya dijadikan momentum untuk merenung dan mengevaluasi segala ihtiar yang sudah dilakukan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan.

"Hari jadi merupakan hari untuk mengenang, menghayati dan mengambil hikmah dari apa yang sudah dilakukan oleh para pendahulu kita, serta menjadi momentum untuk merenungkan kembali dan mengevaluasi segala yang sudah dilakukan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Serang," kata Tatu saat sambutan pada acara rapat paripurna istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Serang dalam rangka hari jadi Kabupaten Serang ke 493 tahun 2019, di Gedung DPRD Kabuapten Serang, Selasa.
  
Tatu mengungkapkan, tema peringatan hari jadi tahun ini adalah "Melalui Momentum Hari Jadi Kabupaten Serang ke 493 Tahu 2019, Kita Wujudkan pembangunan Yang Berkelanjutan", dengan tujuan agar penguatan komitmen bisa ditingkatkan.   

"Tema ini seiring dengan langkah-langkah yang telah kita tempuh selama ini dalam mempercepat kesejahretaan masyarakat Kabupaten Serang, serta untuk meneguhkan kembali komitmen kita bersama akan pentingnya keberlanjutan pembangunan. Sehingga apa yang kita laksanakan bersama dapat membuahkan hasil sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan," katanya.

Sejauh ini kata Tatu, kerja keras bersama telah memberikan hasil yang cukup baik, sebagaimana dapat terlihat dalam perjalanan empat tahun implementasi rencana pembangunan jangka menengah kabupaten serang 2016-2021, yang di fokuskan kepada pelaksanaan visi kabupaten serang menjadi kabupaten yang maju, sejatera dan agamis.

Lebi jauh ia mengungkapkan, berbagai pencapaian tersebut terutama berkaitan dengan pelaksanaan program proiritas pembangunan Kabupaten Serang, yang terlihat dari perbandingan perkembangan pada tahun 2017 dengan 2018.

"Sebagaimana yang telah dikeluarkan datanya oleh badan pusat statistik, antara lain indek pembangunan manusia Kabupaten Serang mengalami peningkatan dari 65,60 poin menjadi menjadi 65,93 poin, atau mengalami pertumbuhan sebesar 0,48 poin. 

Selain itu lanjutnya, dibidang pelayanan pendidikan, terlihat bahwa rata-rata lama sekolah warga Kabupaten Serang meningkat dari 7,17 tahun menjadi 7,18 tahun, dan angka harapan lama sekolah dari 12,38 tahun menjadi 12,39 tahun hal ini diperkuat dari peningkatan indek pendidikan dari 58,23 poin menjadi 58,35 poin.

Pemerintah Kabupaten serang juga berupaya melakukan berbagai program nyata beasiswa Sekolah Dasar (SD) dengan jumlah siswa sebanyak 1650 orang, dengan rincian  siswa berprestasi sebanyak 313, siswa rumah tangga miskin 2013 siswa, dan siswa penghafal Quran sebanyak 87 orang.
 
Selain itu Pemerintah Kabupaten Serang dalam kurun waktu empat tahun telah meraih berbagai penghargaan dari sejumlah kementerian RI yang dianggap berhasil dalam berbagai bidang.   

Pewarta: Lukman Hakim

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019