Bupati Pandeglang, Irna Narulita meminta  dewan hakim ke depan harus bersertifikat agar dapat menghasilkan qori-qoriah berkualitas dan berprestasi di tingkat provinsi dan nasional bahkan internasional  dari daerah ini yang dikenal sebagai "Kota Santri"

"Bahkan, tidak hanya kafilahnya berkualitas, namun dengan konditenya baik, para Dewan Hakim Pandeglang bisa dilirik provinsi bahkan nasional," ungkap Bupati Irna Narulita saat pembukaan orientasi Dewan Hakim dan Panitra di Pendopo Pandeglang, Sabtu (05/10)

Menurut Bupati, dengan diharuskan dewan hakim bersertifikat atau telah mengikuti sertifikasi  pada setiap kegiatan MTQ,  bukan karena tidak percaya dengan kemampuan para Dewam Hakim saat ini, namun lebih kepada peningkatan kualitas agar menghasilkan kafilah yang berkualitas yang dapat membawa nama baik daerah dikancah nasional.

"Pada MTQ tingkat Provinsi Banten tahun lalu, memang Kabupaten Pandeglang hanya meraih peringkat IV. Pada saat inilah momen tepat di MTQ Kabupaten untuk memastikan anak-anak kita agar terus konsen mempelajari Al-qur'an," katanya

Untuk sukses di MTQ Provinsi Banten ke depan, lanjut Irna, faktor lainnya yang dapat mendorong yaitu keadilan, profesionalitas, dan transparansi Dewan Hakim di MTQ tingkat Kabupaten Pandeglang ke-37 yang akan digelar di Kecamatan Saketi.

"Dengan kondite dan dedikasi para Dewan Hakim akan menghasilakan kafilah Pandeglang yang berkualitas sehinga bisa bicara ditingkat Banten bahkan di MTQ nasional," ujarnya.

Ketua Harian LPTQ Provinsi Banten Sybli Sarjaya, yang hadir pada kesempatan tersebut mengatakan profesionalitas dan kejujuran Dewan Hakim sangat diharapkan dalam setiap perhelatan MTQ.

"Keputusan dewan hakim mutlak tidak dapat diganggu gugat, makadari itu harus menjungjung tinggi kejujuran. Kejujuran dewan hakim akan melahirkan kejuaraan yang baik, jika bapak tidak profesional yang dirugikan ibu Bupati dan masuarakat Pandeglang," terangnya.

Ia berharap, di MTQ Kabupaten Pandeglang dapat menghasilkan  para kafilah  berkualitas sehingga bisa meningkatkan peringkat Pandeglang di MTQ XVII Provinsi Banten pada tahun 2020.

"Saya harap pada MTQ XVII Provinsi Banten, Kabupaten Pandeglang dapat memperbaiki peringkat. Siapkan dari sekarang peserta yang akan diikutsertakan, karena peningkatan kualitas peserta tergantunng dari bapak Dewan Hakim semua dan harus menjadi 'The Best 3' di MTQ Banten,"pungkasnya.

Sedangkan Sekretaris Umum LPTQ Kabupaten Pandeglang, Abdul Hadits Muntaha menjelaskan  sebanyak 89 dewan hakim dan 33 panitra mengikuti orientasi jelang Musabaqoh Tilawatir Qur'an (MTQ) ke 37 Tingkat Kabupaten Pandeglang.

"Nanti pada saat pembukaan akan dilantik ibu bupati. Sesuai harapan Ibu Bupati kedepan kita akan lebih meningkatkan kualitas para Dewan Hakim yang memiliki sertifikat dibidang masing-masing," jelasnya, seraya menambahkan untuk para kafilah yang berprestasi tiap tahun diberikan bonus atau 'riward' dari Bupati Pandeglang. 
 
Para Dewan Hakim MTQ tingkat Kab.Pandeglang ke-37 siap melahirkan kafilah berkualitas

Pewarta: Deni Setiadi

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019