Jepang mengukir kejutan dengan menundukkan Irlandia dengan skor 19-12 dalam pertandingan Pool A Piala Dunia Rugby 2019 yang dimainkan di Stadion Shizuoka Ecopa, Shizuoka, Sabtu sore WIB.

Kemenangan ini membawa tim tuan rumah memuncaki klasemen sementara Pool A dengan sembilan poin. Di sisi lain, Irlandia harus puas menduduki peringkat kedua dengan enam poin.

Kenki Fukuoka mencetak try penting pada menit ke-58 untuk mengamankan kemenangan tim tuan rumah. Pemain wing pengganti ini bergerak tanpa dapat dihentikan untuk mengukir kejutan besar bagi "Brave Blossom."

Irlandia, yang menang besar 27-3 atas Skotlandia dalam pertandingan pertama, terlihat mengendalikan situasi setelah mereka unggul melalui try-try yang dicetak pada babak pertama melalui Garry Ringrose (13') dan Rob Kearney (20').

Sebelum pergantian babak, Jepang hanya mampu mendulang poin melalui penalti yang dibukukan Yu Tamura (17', 33', 39').

Namun dengan dukungan 47.000 penggemarnya, Jepang mampu bangkit pada babak kedua. Fukuoka menjadi pembeda, saat ia merangsek untuk mencetak try dan membawa tuan rumah berbalik memimpin.

Setelah itu, Tamura kembali sukses saat menyepak bola. Ia mengamankan konversi untuk Jepang (60') dan membukukan satu penalti lagi (71') untuk mengamankan kemenangan.

Dalam pertandingan yang dimainkan lebih awal, Argentina mengakhiri catatan buruknya dengan mencatatkan kemenangan 28-12 atas Tonga, dalam pertandingan yang dimainkan di Stadion Rugby Hanazono, Osaka.

Argentina mendapatkan empat try dari Julian Montoya (6', 16', 25') dan Santiago Carreras (19'), serta empat konversi dari Benjamin Urdapilleta (6', 16', 25', 27'). Sementara itu Tonga hanya mendapatkan dua try dari Telusa Veianu (29', 65') dan satu konversi Sonatane Takulua (31').

Hasil tersebut membuat Argentina untuk sementara menghuni peringkat kedua di klasemen Pool C dengan enam poin. Sedangkan Tonga tetap berada di dasar klasemen dengan nol poin.
 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019