Sebanyak 3120 anggota perlindungan masyarakat (Linmas) yang ada di 35 kecamatan berada dibawah pembinaan Satpol PP Kabupaten Pandeglang telah diberi kartu tanda anggota (KTA).

."Yah para anggota Linmas yang diusulkan oleh seluruh kepala desa/kelurahan dan  pengakatannya oleh Satpol PP melalui SK bupati. Dari 3120 anggota linmas sudah diberikan KTA, dan sudah kita serahkan ke 35 kecamatan, "ungkap Nurhendi Wijaya,S.Sos Kasi Linmas yang didampingi Kepala Bidang Linmas, Rd Ida Robiatul A, S,Sos, saat menyerahkan KTA Kecamatan Sobang, Kamis (26/09)

Menurut Nurhendi, keberadaan Linmas sangat dibutuhkan dalam kegiatan di masyarakat, seperti menjelang pilpres, pimilu, pilkada dan pilkades, termasuk kegiatan sosial lainnya.

"Para anggota Linmas ada dalam pembinaan Satpol PP Bidang Linmas, dan mereka sudah kita berikan bimtek dan pelatihan," ungkap Nurhendi

Dikatakannya, tugas poko dan fungsi (tupoksi) Linmas, diantaranya membantu keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, termasuk membantu dalam penanggulangan bencana, dan sosial kemasyarakatan lainnya.

"Para anggota Linmas sangat berperan dalam membantu pemerintah. Kedepan saya berharap ada perhatian dari pemerintah minimal pembinaan wawasan kebangsaan pada mereka (anggota linmas)," tuturnya.

Ia  menambahkan sudah melakukan upaya pembinaan berupa bimtek pelatihan dasar satlinmas desa dibeberapa kecamatan. "Dalam kegiatan Bencana Stunami kemarin para anggota linmas turun kelapangan membantu evakuasi korban," pungkasnya.
Kasi Linmas, Nurhendi W saat menyerahkan KTA Limas pada Camat Sobang. Foto Antara/Deni Setiadi

Pewarta: Deni Setiadi

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019