Sebanyak 115 siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pandeglang mengikuti kegiatan pelatihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS) yang dilaksanakan dari 20 hingga 21 September 2019 di halaman sekolah di Cigunung, Cimanuk, Pandeglang.

kepala MAN 2 Pandeglang H. Slamet saat membuka acara di Pandeglang, Sabtu menjelaskan, Kegiatan LDKS merupakan latihan dasar kepemimpinan bagi para siswa sebagai generasi penerus masa depan.

"Saya berharap semua peserta kegiatan LDKS dapat mengikuti rangkaian kegiatan LDKS sampai selesai, sebab para siswa merupakan generasi penerus bangsa, para siswa adalah generasi emas pemimpin masa depan," katanya.

Ia juga berharap agar semua siswa mampu menjadi pemimpin yang memiliki sifat-sifat seperti Rasulullah, Yakni siddiq (benar), tabligh (menyampaikan), amanah (bisa dipercaya), fathonah (cerdas).

Kegiatan yang mengambil tema "Luruskan niat, satukan tekad, bangkitkan semangat juang" tersebut berisi tentang pendidikan dasar bagi calon seorang pemimpin agar menjalankan organisasi dengan baik yang menitikberatkan kepada pembekalan ihwal kepemimpianan organisasi.

Selain itu, materi yang diberikan adalah Kebijakan madrasah tentang organisasi kesiswaan, Kerja OSIS, dan Perilaku Organisasi, Komunikasi, Tata Krama dan Tata tertib, korespodensi dan tata cara pembuatan surat dan proposal serta materi Sidang.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana LDKS Ikmal Fadhul Rohman mengatakan, Kegiatan yang diikuti oleh kelas X tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun di MAN 2 Pandeglang, adapun tujuannya adalah untuk menggali potensi- potensi calon pengurus OSIS periode 2019/20120.
    
Salah satu peserta LDKS, Lusi kelas X IPA 3 mengaku senang mengikuti kegiatan, sebab bisa belajar menjadi pemimpin yang mandiri serta berakhlak karimah. Meskipun selama pelatihan, suasana tak senyaman seperti di rumah, Lusi tetap menikmati.

"Soalnya juga sudah menjadi peraturan acara, jadi kita ikutin aja kegiatannya. Kata guru, jangan mengeluh dan harus dinikmati," ujarnya.
 
Selama LDKS, peserta dengan antusias mengikuti rangkian kegiatan selalu selalu diselingi dengan solat berjamaah dan juga solat tobat. Kegiatan pun di isi dengan kegiatan Leadership, senam sehat, Outbond dan games.

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019