Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meminta kepada para orang tua untuk mengawasi dan membatasi  anak dalam penggunaan gadget disetiap aktivitas kesehariannya. 

Dalam sambutannya pada Hari Anak Nasional  (HAN) tingkat Kabupaten Serang di halaman Pendopo Bupati Serang, Rabu, ia menyatakan bahaya pada gadget sangat beragam yang akan dialami oleh anak jika pemakaiannya tidak diawasi secara baik oleh orang tua.                                               

“Bahaya penggunaan gadget pada anak sebaiknya dihindari dengan tidak membiarkan anak terpapar teknologi secara berlebihan,” katanya.

Menurutnya, penggunaan gadget secara berlebihan kepada anak bisa menghambat tumbuh kembang otak, mental dan fisik pada anak. “Ditambah penggunaan gadget yang sudah  terkoneksi dengan internet juga dikhawatirkan bisa  mengakses pornografi  secara mudah,” kata Tatu   

Ia menambahkan, setiap anak wajib mendapatkan hak untuk tumbuh berkembang baik secara fisik, mental maupun sosial. “Anak juga  harus memiliki perlindungan dan terpenuhi haknya yang merupakan upaya dalam pembangunan karakter,” ujarnya.

Selain orang tua kata Tatu,  guru juga memiliki kewajiban dan tanggung jawab  untuk membangun karakter anak yang lebih baik. ”Peringatan Hari Anak Nasional tingkat Kabupaten Serang ini dimaknai sebagai kepedulian untuk hak anak agar  berkembang secara optimal,” katanya.

Kepala  Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBPPPA) Kabupaten Serang, Takrul  Wasyit mengatakan, kegiatan tersebut merupakan apresiasi terhadap anak yang dilakukan secara rutin setiap tahun.

”Saya berharap kegiatan ini agar terus dikampanyekan, bahwa anak punya hak untuk hidup yang senantiasa gembira dan sehat. Sarana dan prasarana pengembangan karakter anak, akan kita wujudkan bersama,” katanya.

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019