Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meminta kepada generasi muda agar memiliki dan terus memupuk rasa nasionalisme sehingga akan bangga dengan bangsanya sendiri.

"Terkadang banyak kaum milenial yang menghujat negara sendiri, bahkan bangga dengan negara lain. Mereka seharus bangga dengan negara kita, karena itu mari kita pupuk terus rasa nasionalisme kita agar kita semakin bangga dengan negara kita sendiri," kata Tatu saat membuka acara Pekan Olahraga Dan Seni antar Pondok Pesantren (Pospemkab) ke III tingkat Kabupaten Serang di Ponpes Darunajah Nurul Ilmi 14  Kecamatan Pabuaran, Rabu.                                   

Tatu berharap pelaksanaan Pospemkab dapat menjadi sarana pembinaan karakter bagi para santriwan dan santriwati.           

"Dalam lomba ini kemenangan bukan merupakan satu satunya tujuan. Namun memiliki karakter yang bisa menerima kekalahan adalah hal yang sangat luar biasa," ujarnya.

Sebanyak 1.160 orang atlet bersaing ketat dalam ajang Pospemkab ke III tingkat Kabupaten Serang tersebut. Para peserta tersebut akan bersaing dalam 14 cabang seni dan 6 cabang olahraga.

Kepala Seksi Pemuda dan Olahraga Disporapar Kabupaten Serang Suprijadi mengatakan, jumlah peserta dalam gelaran Pospemkab tahun ini meningkat jika dibanding tahun sebelumnya, kali ini  1.160 atlet yang bersaing .                        

"Dari 1.160 orang itu terdiri dari peserta utri sebanyak 400 lebih, dan putra 600 lebih. Kalau dulu cuma 8 ponpes dengan peserta kurang dari 400 orang sekarang ada 22 ponpes," kata Suprijadi

Ia menjelaskan, para peserta tersebut akan berlomba pada 14 cabang seni dan 6 cabang olahraga. Untuk olahraga diantaranya ada futsal, bola voli, atletik, pencak silat dan lainnya. Sedangkan untuk seni ada Hadroh, kaligrafi, pidato tiga bahasa, ukir (kriya) dan lainnya.

"Yang paling banyak dari nomor cabang olahraga seperti atletik dan pencak silat," katanya.

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019