Sebanyak 68 perwakilan dari 491 penjaga yang bertugas di 284 menara suar yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia, Selasa (10/09), menerima apresiasi dari kementerian perhubungan dalam rangka hari perhubungan nasional.

Penyerahan apresiasi yang digelar di Menara Suar Bojong Cikoneng Anyer Kabupaten Serang dilakukan langsung oleh Pembina Dharma Wanita Perhubungan, Endang Budi Karya Sumadi, disertai pemberian santunan kepada anak yatim.

Apresiasi kepada para penjaga suar itu diakui Direktur Navigasi Kementerian Perhubungan Basar Antonius, diberikan Kementerian Perhubungan sebagai wujud perhatian pemerintah atas pengabdiannya yang berjasa dalam kenavigasian kapal, juga guna memotivasi para penjaga suar tetap menjalankan tugas nya dengan baik. 

"ini untuk memberikan semangat sebagai tanda perhatian pimpinan kepada petugas dari sabang sampai merauke," Jelas Basar.

Selama ini, Banyak orang yang tidak mengetahui, peran dari penjaga suar yang sangat berjasa untuk menjaga beroperasinya menara suar, yang berfungsi sebagai sarana bantuan navigasi utama untuk pelayaran menuntun kapal-kapal yang beroperasi di wilayah perairan.

Tak hanya itu, penjaga suar yang berada di perbatasan juga bertugas menjaga batas teritorial negara. "Penjaga suar sangat berjasa untuk jasa kenavigasian, dia yang berjasa dalam hal pemanduan kapal-kapal,"Katanya.

Sementara itu, guna mengatasi kejenuhan para petugas enjaga suar, pihak kemenhub juga sudah memberikan kebijakan daimana per tiga bulan sekali, petugas harus menjalani rotasi.  "Ya perlu ada rotasi dan mutasi agar tidak bosan," kataya.

Pembina Dharma Wanita Perhubungan, Endang Budi Karya Sumadi mengaku sangat bangga dan mengapresiasi atas bakti para penjaga menara suar tersebut. Pasalnya tidak sedikit dari mereka meninggalkan keluarganya untuk menjaga menara suar.

Selain itu, ia juga berharap, para insan Perhubungan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat demi mewujudkan keselamatan transportasi. “Tetaplah semangat bekerja dan berkarya demi kemajuan Perhubungan dan Kenavigasian,” Imbuhnya.

Pewarta: Susmiyatun Hayati

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019