Irawan Harahap, Digital Hub Project Leader dari Sinar Mas Land mengatakan sangat mendukung pengembangan ekosistem digital dalam rangka mendukung kemajuan ekonomi digital di Indonesia.

"Kami menyadari potensi ini dan sangat bersemangat untuk menjadi salah satu pengembang yang menggerakkan roda ekonomi digital di Indonesia. Upaya itu dimulai dengan mengembangkan startup yang berorientasi menyelesaikan masalah sosial dan memudahkan kehidupan masyarakat," ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya sangat mengapresiasi dengan adanya acara Startup Weekend Indonesia yang dilaksanakan di BSD City. Sebab acara tersebut sangat edukatif dan sarana yang sangat penting untuk pengembangan ekosistem startup di BSD City.

Terbukti, Indonesia menjadi salah satu penyumbang startup terbesar di Asia Tenggara dan mampu mempertahankan pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen selama lima tahun terakhir karena melakukan digital inclusion.

“Harapannya dengan adanya acara seperti ini, developer, wirausaha, tech savvy dan siapapun yang memiliki passion di sektor startup ini tergerak untuk melahirkan inovasi-inovasi yang bermanfaat.” katanya

Startup Weekend Indonesia merupakan acara pengembangan startup yang diadakan selama dua setengah hari untuk mendorong perkembangan startup digital di Indonesia.

Acara ini merupakan hasil kolaborasi dengan Kumpul dan Techstars, sebuah platform pengembangan startup yang bertujuan untuk mendorong proses pengembangan startup agar dapat menyelesaikan isu-isu strategis di Indonesia.

Selama dua setengah hari, peserta yang terdiri dari berbagai latar belakang – developer, desainer, wirausaha, freelancer, pelajar akan melewati fase-fase pembentukan startup. Fase tersebut dimulai dari pembentukan tim, brainstorm ide atau gagasan, hingga mempersiapkan peluncuran produk.

Selama fase ini, mereka juga akan didampingi oleh mentor yang memberikan ilmu dan pengetahuan terkait pengembangan perusahaan dan penetrasi pasar.

Untuk menjamin kualitas dan kredibilitas program, Startup Weekend Indonesia menghadirkan berbagai nama besar di bidang teknologi digital dan dunia startup sebagai panel juri maupun tim ahli.

Beberapa perusahaan startup, institusi dan korporasi telah melibatkan timnya dalam acara ini, antara lain Kominfo, BEKRAF, Gojek, Bukalapak, Tokopedia, Telkomsel, Sinar Mas Land, Bukopin, Kata.ai, Jojonomic dan Sirclo.

“Partnership dengan Sinar Mas Land adalah sebuah hal yang sangat menarik bagi kami. Kami sudah mengenal BSD City sebagai pusatnya ekosistem digital yang sedang berkembang pesat. Oleh karena itu, dengan mengadakan Startup Weekend Indonesia di BSD City,” ujar Faye Alund, Founder dari Kumpul.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019