Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Banten memberikan pembekalan para personel Bhabinkamtibmas menjelang pelaksanaan pengamanan Pilkades di 226 desa di Banten

Pembekalan sekitar 808 personel Babinkamtibmas tersebut berlangsung melalui Rakernis Fungsi Binmas Tahun Anggaran 2019 setelah pelaksanaan Apel Besar Bhabinkamtibmas, di Aula Serbaguna Polda Banten di Serang, Selasa.

Pembekalan dan rakernis fungsi Binmas Polda Banten tersebut dalam rangka menghadapi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2019 yang akan dilaksanakan di 266 Desa di wilayah Hukum Polda Banten.

Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir mengatakan, pada pelaksanaan Pilkades tingkat kehangatan antara calon dengan pendukung lebih terasa jika dibandingkan dengan dengan pemilihan umum lainnya.

"Ruang lingkup yang kecil kemudian hidup bertetangga, masyarakat tahu siapa yang jadi teman dan siapa jadi lawannya," kata Irjen Pol Tomsi Tohir dalam kegiatan yang dihadiri Irwasda Polda Banten I Nyoman L Suradnya, Dirbinmas Kombes Pol Oki Waskito dan Kapolsek, Kasat Binmas serta personel Bhabinkamtibmas.

Ia mengatakan, Polda Banten saat ini tengah berupaya untuk mensinkronkan antara jumlah personel, waktu dan tempat pelaksanaan pemilihan kepala desa tersebut.

"Sehingga personel yang akan kita turunkan efektif, rayonisasi bisa kita manfaatkan. Jumlah personel yang diturunkan jumlah totalnya kurang lebih empat ribu," kata Irjen Pol Tomsi Tohir.

Sementara itu, pemetaan kerawanan dilakukan dari berbagai aspek mulai dari jumlah calon yang diusung bahkan permasalahan konflik di daerah pada waktu pemilihan sebelumnya.

"Kita coba identifikasi, sehingga apakah ada pergeseran-pergeseran status dan apakah daerah tersebut masih menjadi daerah rawan," kata Kapolda.

Kapolda Banten berharap bahwa pada pelaksanaan pemilihan kepala desa dapat berlangsung secara jujur dan adil. Para calon dapat mengutamakan persatuan masyarakat di atas kepentingannya.

"Calon-calon kepala desa dapat melakukan aktivitas (kampanye) dalam proses pemilihan yang betul-betul kondusif serta mengutamakan menjaga persatuan masyarakat," katanya.

Sebelumnya sebanyak 808 personel Bhabinkamtibmas mengikuti Apel besar Bhabinkamtibmas dalam rangka pengamanan pemilihan kepala desa di wilayah hukum Polda Banten Tahun 2019.

Dalam sambutannya Wakapolda Banten Brigjen Pol Tomex Kurniawan menyampaikan penekanan dan harapan kepada seluruh Bhabinkamtibmas untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap tuhan yang maha esa sebagai landasan komitmen moral dalam memberikan perlindungan pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019