Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Muhammad Hasbi mengatakan pendidikan kebangsaan harus diajarkan sejak usia dini yang bisa dilakukan dengan berkunjung ke museum.

"Museum itu memiliki cerita atau sejarah sejak pertama kali bangsa kita ada sampai sekarang. Sejarah terbentuknya bangsa indonesia bisa dijawab di museum ini. Nah dari situ anak-anak akan mengenal bangsanya," ujar Hasbi usai kegiatan siswa PAUD mengunjungi Museum Nasional, Jakarta, Rabu.

Sebanyak 1.000 siswa PAUD dari Jabodetabek mengikuti kegiatan PAUD Goes to Museum. Selain pendidikan kebangsaan, anak-anak PAUD ini juga diberikan pendidikan karakter. Menurut Hasbi, pendidikan karakter yang ditanamkan sejak dini akan melekat hingga dewasa.

"Banyak ahli mengatakan pendidikan karakter harus dimulai sejak anak usia dini. Karena mendidik anak sejak dini itu bagaikan menulis di atas batu, kalau baru mendidik anak ketika sudah besar ya seperti menulis di atas air," kata dia.

Di Museum Nasional siswa PAUD itu mengikuti sejumlah kegiatan, di antaranya tur museum, mengikuti permainan, membuat keterampilan tangan, dan mendengarkan cerita.

"Kegiatan siswa PAUD berkunjung ke museum ini sangat bermanfaat bagi penanaman karakter, budi pekerti, dan semangat cinta tanah air. Dengan melakukan kunjungan ke museum sejak usia dini mereka diperkenalkan keindahan tanah airnya, beragam suku, bangsa, bahasa, kebudayaan serta hasil-hasil budaya yang ada di negeri ini,” terang Hasbi.

Pewarta: Indriani

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019