Para pengepul kulit kambing dan kerbau di kota Serang Banten ramai berebut kulit kambing dan kerbau serta kulit sapi di beberapa tempat pemotongan kurban di hari pertama hari raya Idul Kurban.

"Ini momennya setahun sekali pak kita rutin datang dengan pengepul lainnya ke tempat-tempat pemotongan kurban, kalau hari biasa saya sih jualan," kata Hikmatulloh (35) di tempat pemotongan hewan kurban Komplek Tanam Mutiara Indah Kota Serang, Minggu.

Ia mengatakan untuk kulit kambing ia beli dari panitia kurban per ekor, sedangkan kulit kerbau dan sapi dengan hitungan per kilo, itu pun bergantung dari kulit hasil sayatan, jika sayatannya bagus dan tidak sobek maka harganya cukup tinggi.
  
"Harga kulit kambing jenis domba saya beli di kisaran Rp13 sampai Rp15 ribu per ekor, sedangkan untuk harga kulit kerbau bisa mencapai Rp13 ribu hingga Rp15 ribu per kilo. Kalau kulit sapi biasanya lebih murah lagi paling antara Rp3 sampai Rp4 ribu perkilonya," katanya.

Ia menjelaskan, selama hari raya Idul Kurban ia keliling ke beberapa perumahan di Kota Serang mendatangi tempat-tempat pemotongan hewan kurban. Biasanya ia membeli kulit kambing atau kerbau setelah sebelumnya ada kesepakatan antara panitia kurban dengan masyarakat, sebab pembagian daging kurban harus jelas peruntuknnya sesuai dengan hukum syariat.

"Saya rutin setiap Idul Adha keliling ke Perumahan-perumahan nyari kulit, ini saja saya sudah tiga perumahan, perumahan BIP, TBL, dan ini yang paling akhir Perumahan TMI," kata Hikmat.

Ia menambahkan setiap tahun pengepul bisa mengumpulkan kulit hingga satu ton lebih, kemudian di jual ke beberapa perusahaan industri pengolahan kulit yang ada di wilayah Karawang dan Bogor.

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019