Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tangerang, Banten, mengapresiasi upaya pengurus Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) setempat membangun arena memanah untuk membina atlet muda.

Ketua Umum KONI Kabupaten Tangerang, Komarudin di Tangerang, Minggu mengatakan merupakan langkah positif karena selama ini arena yang ada belum memadai.

"Kami memberikan dukungan penuh terhadap Perpani membangun arena setelah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) kelima Banten 2018," katanya.

Masalah tersebut sehubungan Ketua Perpani Kabupaten Tangerang, Dadang Sudrajat mengatakan fokus untuk membangun arena memanah yang lokasinya di Islamic Center, Kecamatan Kelapa Dua.

Hal tersebut dengan tujuan untuk menjaring atlet muda potensial yang selama ini mengalami kendala dalam latihan.

Dadang mengatakan selain di Kelapa Dua, ada juga alternatif arena memanah pada salah satu lahan fasilitas umum milik pengembang perumahan.

Meski saat ini telah terbentuk tiga klub memanah yakni Scout Archery, Arsenia Archery dan SMU Negeri Sepatan, tapi arena lainnya perlu juga dibangun.

Namun Pengurus Perpani setempat berupaya mencari bibit berbakat pada beberapa sekolah yang dinilai berpotensi untuk maju dan pengembangkan bakat sebagai atlet.

Sebagai contoh dengan adanya sebuah klub memanah yang markasnya berada pada SMU Negeri di Sepatan, ini membuktikan cabang olahraga ini diminati para siswa.

Pihaknya serius menjaring atlet berbakat tersebut dan tidak secara asal-asalan karena peralatan yang digunakan harganya relatif mahal.

Menurut dia, banyak peminat terutama bagi siswa, tapi harus disaring secara selektif dan perlu persyaratan lain, jadi siswa itu tidak ikut-ikutan rekan mereka.

Sedangkan khusus bagi atlet yang masih sekolah maka perlu mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari pembina sekolah dan orang tua.

"Bila saat lomba terbentur dengan ujian maka tanpa persetujuan akan menjadi masalah belakangan nantinya, hal seperti ini yang tidak diinginkan," katanya menambahkan.

Komarudin mengatakan jika semakin banyak arena pemanah, diharapkan lahir bibit handal dari daerah ini, sehingga pengurus tidak mengalami kesulitan dalam pembinaan dan prestasi karena sering kompetisi.

Dalam Porprov Banten, pemanah Kabupaten merupakan andalan Banten untuk berlaga ke PON 2020 di Papua.

 

Pewarta: Adityawarman(TGR)

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019