Universitas Lambung Mangkurat (ULM) sebagai satu dari 73 perguruan tinggi negeri (PTN) pusat ujian tulis berbasis komputer (UTBK), menyediakan 2.683 kursi di jalur SBMPTN 2019 yang pendaftarannya dibuka mulai 10 Juni mendatang.

Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM Dr Aminuddin Prahatama Putra, di Banjarmasin, Rabu  mengatakan, pendaftaran akan berlangsung selama 15 hari hingga 24 Juni 2019. Sedangkan pengumuman pada 9 Juli 2019 pukul 16.00 WITA.

SBMPTN 2019 diketahui merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Dimana seleksi berdasarkan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

Sementara LTMPT sendiri telah mengumumkan hasil UTBK yang diikuti calon mahasiswa yang ingin mendaftar SBMPTN. Hasil pengumumannya bisa dilihat di website resmi LTMPT di laman pengumuman-utbk.ltmpt.ac.id. UTBK yang digelar oleh LTMPT merupakan persyaratan wajib untuk mendaftar SBMPTN 2019.

Pada Sabtu (4/5) yang lalu, UTBK Gelombang 1 telah berakhir, dimana Universitas Lambung Mangkurat telah melaksanakan hingga 10 sesi UTBK.

Pengumuman hasil UTBK disampaikan paling lambat 10 hari setelah setiap sesi ujian dilaksanakan.

Untuk melihat hasil UTBK SBMPTN 2019, peserta hanya perlu memasukkan username dan password yang dipakai saat melakukan pendaftaran.

Sementara itu, bagi peserta yang tidak memenuhi persyaratan saat pelaksanaan UTBK, maka hasil UTBK tidak akan dikeluarkan.

Untuk tes UTBK Gelombang II dilaksanakan pada 11-26 Mei 2019 sebanyak 10 sesi.

"Sebanyak 1.434 orang telah lulus jalur SNMPTN di ULM. Kini, kami sediakan lagi kursi di jalur SBMPTN. Semoga para lulusan sekolah tingkat atas tahun ini bisa memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk bisa kuliah di perguruan tinggi yang sudah terakreditasi A seperti ULM," tandas Aminuddin.

Pewarta: Firman

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019