Jajaran PT Pelindo IV Makassar, Sulawesi Selatan, menggelar aksi donor darah dan sunat massal dalam memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day.

"Kalau May Day selalu identik dengan aksi demonstrasi yang dilakukan para buruh, maka berbeda dengan peringatan Hari Buruh yang dilakukan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Persero), di sini kami gelar kegiatan sosial, " kata Manager SDM dan Umum PT Pelindo IV Cabang Makassar, Iskandar di Makassar, Rabu.

Bakti sosial itu berlokasi di Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar atas prakarsa Pelindo IV Makassar dan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Sulawesi Selatan.

Menurut Iskandar, pihaknya menargetkan sebanyak 100 anak dalam kegiatan sunatan massal begitu pula dengan kantong darah.

Dalam aksi Baksos yang dilakukan setiap tahun ini, Wakil Wali Kota Makassar yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Makassar, Syamsu Rizal berkenan hadir dan mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi aksi yang dilakukan pihak Pelindo IV dalam memperingati May Day.

"Menurut saya aksi (donor darah dan sunatan massal) yang dilakukan Pelindo IV untuk memperingati May Day ini cukup unik. Kalau biasanya, Hari Buruh selalu diperingati dengan aksi demo buruh, tapi ini diperingati dengan aksi menggelar bakti sosial. Ini unik dan tidak seperti biasanya. Saya sangat mengapresiasi," terang Syamsu Rizal.

Dia juga mengatakan, pihaknya tidak mematok berapa jumlah kantong darah yang bisa dikumpulkan dalam aksi sosial ini.

"Yang penting kegiatannya dulu dan antusias masyarakat untuk ikut terlibat," katanya.

Khusus kegiatan sunatan massal, anak-anak yang mendaftar adalah anak-anak dari buruh pelabuhan di lingkup area Pelabuhan Makassar.

Iskandar berharap, setiap tahun pihaknya dapat terus menggelar aksi serupa, dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional.

Pewarta: Suriani Mappong

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019