Tangerang (Antaranews Banten) - Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, melakukan sosialisasi pada sejumlah perusahaan tentang pentingkan penyaluran "Coorporate Social Responsibility" (CSR) agar bersinergi dengan program pembangunan daerah.

"Selama tahun 2018, dana CSR telah disalurkan untuk keperluan  bedah rumah," kata Kepala Bagian Kerjasama Daerah, Sekretariat Daerah Kabupaten Tangerang, Dian Mayangsari di Tangerang, Kamis.

Dian mengatakan program CSR lainnya yakni perbaikan jalan, pemberian beasiswa, bidang kesehatan dan proyek insfrastruktur jalan serta jembatan.

Dalam sosialisasi itu forum CSR Kabupaten Tangerang mengundang ratusan pengusaha yang memiliki dana lingkungan untuk disalurkan.

Namun sosialisasi itu bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada pengusaha agar program Kabupaten Tangerang selaras dengan pemerintah daerah.

Proyek pembangunan tentunya tidak semuanya mampu dibiayai melalui APBD setempat tapi diharapkan dapat dukungan dana dari perusahaan melalui CSR.

Setiap perusahaan yang beroperasi di wilayah ini tentu memiliki tanggung jawab sosial karena sesuai dengan aturan yang berlaku.

Menurut dia, sesuai data bahwa sebanyak 4.472 perusahaan skala besar dan kecil yang beroperasi di Kabupaten Tangerang, maka kesadaran pentingnya penyaluran CSR masih rendah.

"Ini yang perlu kami tekankan dalam sosialisasi tersebut bahwa menyisihkan dana sebagai tanggung jawab sosial lingkungan adalah bermanfaat bagi pihak yang memerlukan," katanya.

Ketika digelar Asian Games 2018, perusahaan membantu membangun jalan menuju arena pertandingan cabang Modern Penthatlon di Kecamatan Tigaraksa.

Hal tersebut karena panitia penyelenggara pertandingan Asian Games memberitahukan secara mendadak, sehingga Pemkab Tangerang tidak dapat mencairkan dana APBD.

Sedangkan jalan menunju arena itu saat ini dapat dinikmati warga Kecamatan Tigaraksa karena sempit dan belum memiliki saluran pembuang.

Dia mengatakan dana CSR banyak manfaatnya untuk lingkungan dan warga sekitar terutama membangun insfrastruktur.

 

Pewarta: Adityawarman(TGR)

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019