Serang (Antaranews Banten) - Sebanyak 51 usaha kreatif yang merupakan bagian dari pelaku  usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Serang turut meramaikan launching pasar UMKM dan website Gerai Due Kite di Pendopo Kabupaten Serang, Jumat.
  
Sekretaris Dinas Koperasi Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Serang Dedi Arif mengatakan, sebanyak 51 pelaku UMKM yang menekuni berbagai jenis usaha kreatif yang turut meramaikan launching tersebut merupakan hasil seleksi yang dilakukan oleh diskoperindag.
  
"Untuk sementara baru 51 UMKM yang bisa ikut, kita berharap nanti ada penambahan, "katanya.       
  
Dedi mengatakan, tujuan diadakannya acara tersebut adalah meningkatkan dan memperluas jaringan pemasaran, meningkatkan stabilatas perekonomian masyarakat.
  
"Tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan produktifitas yang berbasis kepada sumber daya alam dan sumber daya manusia," katanya.
  
Kepala Bidang Usaha Mikro Diskoperindag Kabupaten Serang, Vita Agustini mengatakan total UMKM yang ada di Kabupaten Serang adalah sebanyak 26.091 ribu.
   
"Ya para pedagang juga UMKM, petani juga sama   tapi mereka kan pengolah," katanya.
   
Gerai Due Kite adalah pasar online yang dikelola oleh pemerintah Kabupaten Setang. Pasar ini terdiri dari berbagai gerai yang di kelola oleh UMKM Kabupaten Serang yang menjual produk khasdaerah dan produk UMKM.
   
Keberadaan pasar ini adalah merupakan langkah strategis Pemkab Serang dalam memanfaatkan tekhnologi pemasaran online untuk penguatan pasar produk khas daerah UMKM.
   
Vita berharap, dengan adanya gerai ini mampu meningkatkan penguatan konten produk khas daerah.  " Kita harapkan produk UMKM bisa meningkatkan nilai transaksi perdagangan UMKM di Kabupaten Serang," katanya.

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018