Serang (Antaranews Banten) - Banten Expo 2018 atau pameran pembangunan Banten dalam ranglaian HUT Banten ke-18 menghadirkan berbagai produk unggulan UMKM dan 'home industri' Banten.
   
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten, Babar Suharso di Serang, Sabtu, mengatakan pihaknya melakukan seleksi terhadap sejumlah produk unggulan binaan Disperindag Banten yang dipamerkan di Banten Expo 2018.
Seleksi tersebut disesuaikan dengan produk unggulan melalui program One Vilage One Produk (OVOP), diantaranya produk industri kreatif.
   
"Diantaranya  produk industri kreatif yang kita pamerkan. Ada sebagian kita pamerkan dan sebagian lagi hanya kita seleksi dengan memberi penilaian bintang satu sampai dengan bintang lima sesuai dengan standard penilaian ovop yang diusulkan oleh tim independen," kata Babar.
   
Menurut Babar, diantara produk UMKM unggulan dan industri kreatif Banten yang dipamerkan di Banten Expo adalah aneka produk kerajinan, produk makanan ringan atau snack, produk minuman  kesehatan, kopi dan olahan buah. Kemudian produk  tenun, batik, fashion dan rajut serta produk kosmetik. 
  
Sebelumnya Banten Expo 2018 resmi dibuka oleh Gubernur Banten Wahidin Halim di alun-alun Barat Kota Serang, Rabu malam (21/11). Banten Expo 2018 tersebut berlangsung sampai Minggu (25/11).
    
Disela pantauannya ke stand-stand pameran, Gubernur Banten Wahidin Halim berharap agar Banten Ekspo ini bisa memberikan dampak positif, diantaranya memberikan semangat perniagaan kepada masyarakat khususnya pengembangan industri-industri kreatif dan UMKM Banten.
     
"Saya berharap bahwa Expo ini tidak sekedar pamer-pamer, tapi harus menghasilkan. Konotasi hasil disini memberikan semangat maraknya dunia perdagangan, dimana didalamnya adalah  industri kreatif," kata Gubernur Banten.
   
Selain menghadirkan produk unggulan UMKM dan industri kreatif di Banten, Banten Expo juga menghadirkan produk perbankan, stand Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta BUMD/BUMN dan pihak swasta di Banten.

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018