Lebak (Antaranews Banten) - Relawan Rumah Kiai Ma'ruf Amin (KMA) Banten meyakini pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin dapat mewujudkan swasembada pangan untuk kebutuhan dasar pokok masyarakat.
     
"Dipastikan kinerja Jokowi-Ma'ruf fokus mempertahankan kedaulatan pangan,terlebih Indonesia merupakan negara agraris, " kata Koordinator Rumah KMA Banten Mochamad Husen saat dihubungi di Lebak, Senin.
     
Selama ini, kebijakan Presiden Jokowi dan Jusuf Kalla sangat memperhatikan sektor pertanian guna mendukung peningkatan produksi pangan.
     
Selain itu juga dana alokasi sarana produksi pangan cukup besar untuk memperbaiki jaringan irigasi,  bantuan benih, pupuk dan penyaluran peralatan pertanian.
     
Selanjutnya, membangun percetakan sawah baru di lokasi-lokasi yang memiliki sumber air menyusul banyak lahan persawahan terjadi alih fungsi lahan.
     
Disamping itu juga penyaluran bantuan benih melalui program padi,jagung dan kedelai (pajale).
     
Bahkan, produksi beras di Provinsi Banten melimpah dan tidak didatangkan beras impor dari luar negeri.
     
Persedian beras lokal membanjiri pasar tradisional, sehingga harga di pasaran hingga kini relatif stabil.
     
Begitu juga produksi jagung hasil budidaya petani Banten mampu memenuhi permintaan pasar DKI Jakarta, bahkan jagung Indonesia sudah menembus pasar ekspor.
     
"Kami yakin  jika terpilih calon presiden dan calon wakil presiden pasangan Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019 akan lebih serius meningkatkan produksi pangan," katanya menjelaskan.
     
Menurut Husen, dirinya menerima laporan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Lebak kebijakan Presiden Joko Widodo sangat dirasakan petani di daerah ini melalui pengalokasian anggaran pertanian.
     
Saat ini, Kabupaten Lebak mendapat bantuan alokasi anggaran dari APBN Pusat hingga Rp30 miliar.
   
"Kita mengapresiasi Lebak sebagai daerah lumbung pangan sejak tiga tahun terakhir di Banten dan tidak lepas kebijakan Jokowi itu," katanya.

 

Pewarta: Mansyur

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018