Tangerang (Antaranews Banten) -  PT Marga Mandalasakti (Astra Tol Tangerang-Merak) tengah melakukan pekerjaan pelebaran lajur dari Cikupa Kilometer 31+900 sampai Balaraja Barat 39+200 sebagai upaya memberikan pelayanan optimal bagi pengguna jalan.
   
"Kegiatan pelebaran jalan ini dibarengi dengan pekerjaan peningkatan kualitas jalan," kata Kepala Divisi Hukum dan Humas PT MMS, Indah Permanasari di Kabupaten Tangerang, Jumat.
   
Pekerjaan ini harus segera dilaksanakan mengingat jalan tol Tangerang-Merak yang menghubungkan Provinsi Jawa dan Sumatera, banyak didominasi oleh kendaraan besar dan berat yang mayoritas merupakan kendaraan ekspedisi. 
   
"Sehingga untuk mencegah perbedaan penurunan kualitas jalan antara join slab lama dan slab baru agar tidak terjadi keretakan salah satunya dengan metode stiching, yang saat ini sedang dilakukan pada KM 31+900 - KM 36+100 arah Jakarta dan juga arah Merak," ujar Indah.
   
Sedangkan pekerjaan pelebaran lajur yang semula 2 lajur menjadi 3 lajur sejak tahun 2013 dan di tahun 2017 ditujukan untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan yang melintas di Tol Tangerang-Merak mulai dilakukan penambahan lajur menjadi 4 lajur. 
   
Pekerjaan pelebaran yang dimulai pada akhir tahun 2017 akan ditargetkan selesai pada awal Oktober 2018, jelas Indah. 
   
Sampai dengan bulan Agustus ini proses pelebaran sudah memasuki tahapan overlay yang merupakan metode perawatan preventif untuk mempertahankan kondisi jalan tetap berfungsi sesuai desain awal yaitu dengan melapisi aspal baru di atas permukaan aspal lama, ungkap Indah.
   
Bersamaan dengan pekerjaan overlay, saat ini juga sedang dilakukan pekerjaan extended pile slab di KM 38+000 sampai dengan KM 37+950 arah Jakarta, merupakan salah satu penanganan yang dilakukan pada tanah lunak untuk mengatasi longsor. 
 
Pekerjaan peningkatan jalan (Antara Foto/ Arsip)

   
"Pada KM 38 arah Jakarta saat ini sedang dilakukan peningkatan jalan dengan melakukan pile slab untuk memperkokoh jalan yang sudah ada," jelas Manager Peningkatan Jalan Wilayah 2 PT Marga Mandalasakti, Imam Syafii.
   
Kemudian sejalan dengan program peningkatan kualitas jalan yang sedang kami lakukan saat ini, kami juga tengah melakukan normalisasi drainase di beberapa titik sebagai bentuk antisipasi terhadap banjir. 
   
"Ini kami lakukan untuk meningkatkan kelancaran dan kenyamanan pengguna jalan dengan berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna jalan dan juga masyarakat Tol Tangerang-Merak,” tambah Imam.
   
Penambahan lajur dan peningkatan kualitas jalan yang dilakukan MMS ini menjadi salah satu bentuk dukungan terhadap Pariwisata Banten Selatan. Tentunya upaya yang sudah dilakukan MMS juga sejalan dengan pemerintah guna mendukung sektor pariwisata dalam hal infrastruktur jalan menuju tempat wisata dengan dilakukannya revitalisasi akses yakni pengembalian fungsi akses menuju dan dari jalan tol seperti di pintu Balaraja Barat, Serang Timur, Serang Barat dan pintu Tol Cilegon Timur. 
   
"Harapannya  bisa membantu meningkatkan kunjungan wisata ke Banten," ujar Indah.
 
Pekerjaan peningkatan jalan (Antara Foto/ Arsip)

Pewarta: Ganet Dirgantara

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018