Cilegon (Antaranews Banten) - Sebanyak 27 peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Provinsi Kalimantan Selatan mendapat pembekalan bela negara saat  melakukan kunjungan ke Markas Komando Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) di Kota Cilegon.
   
"Mereka peserta SMN memang kami jadwalkan mendapat pembekalan Bela Negara pada hari kedua setelah tiba di Provinsi Banten," kata Deliana Pradhita Sari Coorporate Communication Supervisor Perum Perindo selaku pendamping peserta SMN asal Kalimantan Selatan selama di Provinsi Banten saat ditemui di Lanal Kota Cilegon, Rabu.
 
Belajar baris berbaris dan menjadi pasukan pengibar bendera (Antara Foto/ Susmiyatun Hayati)

   
Harapannya, jelas Deliana, peserta  siswa mengenal nusantara yang tiba ke Provinsi Banten, bisa belajar banyak hal yang baru, baik dalam hal ilmu pengetahuan, budaya, termasuk mengenai bela negara. 
   
Hal senada diungkapkan Anwar selaku Kepala Bidang Kepesertaan pada Kantor Cabang Taspen Persero Serang , sekaligus koordinator program rangkaian BUMN Hadir Untuk Negeri di wilayah Banten yang menyatakan dengan pembekalan bela negara diharapkan siswa lebih cina kepada NKRI.
   
Selama di Lanal, peserta SMN asal Kalimantan Selatan ini mendapatkan pendampingan dari manajemen PT Taspen selaku PIC serta PT Krakatau Steel Tbk dan Perum Perindo selaku Co PIC BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi Banten. 
 
Antusias mengikuti pelatihan (Antara Foto/ Susmiyatun Hayati)

   
"Saya kira kunjungan ke Lanal Kota Cilegon ini sangat tepat mengingat selama ini instansi tersebut merupakan salah satu icon pertahanan di Provinsi Banten," ujar Anwar. 
   
Dalam kunjungan ke Mako Lanal, peserta SMN langsung disambut  Pasintel Lanal Banten, Kapten Marinir Ready Oktapriadi, sekaligus pengajar yang akan memberikan pembekalan mengenai wawasan pertahanan dan bela negara.
   
"Saya kira semua siswa wajib untuk mengikuti bela negara agar ikut berkontribusi menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar Ready.
   
Dia juga mengucapkan apresiasinya dengan kunjungan siswa SMN yang memang ingin mendapatkan  pembekalan bela negara,  nasionalisme, dan pengetahuan pertahanan dimana LANAL Banten sebagai salah satu bagian kekuatan pertahanan wilayah Banten. 
   
"Saya harap siswa lebih mengetahui dan memahami bagaimana menjaga NKRI. Pertahanan negara itu tugas bersama bukan hanya tugas TNI," ujar Ready. 
   
Dalam kegiatan ini, siswa SMN mendapat keterampilan baris berbaris dan Paskibra yang dilakukan di area lapangan mako LANAL Banten.
   
Zaini salah satu peserta SMN terlihat antusias ketika mengikuti  latihan baris berbaris di lokasi. 
   
"Tentu saja saya senang bisa ikut kegiatan ini, saya bisa bertemu dan belajar langsung latihan baris berbaris dengan TNI AL," ujarnya. 
     
Kegiatan bersama TNI AL rencananya  akan berlangsung selama dua hari kedepan, dimana hari kedua, para peserta SMN dari Kalimantan Selatan ini akan diperkenalkan alat utama sistem persenjataan yang dimiliki LANAL Banten. 
 
Foto bersama di depan Kantor Lanal Kota Cilegon Provinsi Banten (Antara Foto/ Susmiyatun Hayati)

Baca juga: Tiga BUMN Berikan Pembekalan Peserta SMN

Pewarta: Ganet/ Susmiyatun Hayati

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018