Serang (Antaranews Banten) - Torch Relay atau kirab obor Asian Games 2018 dijadwalkan tiba di Provinsi Banten  pada hari Kamis (9/8), momentum ini dimanfaatkan Pemerintah Provinsi Banten untuk mempromosikan pariwisata baik tujuan, kuliner, maupun sejarah.
   
"Banten dikenal dengan keindahan alamnya yang kami kemas sebagai seven wonders of Banten," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati di Serang, Banten, Rabu.
   
Banten mendapat bagian dilewati kirab obor mengingat salah satu daerahnya menjadi venue cabang olah raga Penthatlon, jelas Eneng.
   
Eneng mengungkapkan, rencananya kedatangan rombongan dari Pulau Sumatra di Dermaga 2 Pelabuhan Merak pada tanggal 9 Agustus 2018 pukul 10.30 WIB, disambut dengan tarian selamat datang khas Banten. 
   
Selain itu, beberapa kesenian khas daerah lain dari kabupaten/kota di Banten yang dilintasi juga akan ikut menyemarakan kegiatan Pawai Obor tersebut. 
   
"Karena ini momentum yang tepat untuk mempromosikan potensi daerah dimulai dari identitasnya, termasuk budaya dan seni yang dimiliki,” tutur Eneng.
   
Eneng juga menjelaskan bahwa selain mempromosikan seni dan budaya khas Banten, Pawai Obor inipun sekaligus dalam rangka mempromosikan destinasi wisata dan sejarah Banten kepada seluruh peserta yang ikut serta serta masyarakat yang turut menyaksikan Torch Relay. 
   
“Karena ada beberapa titik-titik pemberhentian atau perlintasan yang memang merupakan destinasi wisata. Misalnya Danau Tasikardi, lalu melintasi Surosowan Banten dan tentu saja Museum Banten. Untuk itu, kami berharap masyarakat Banten tidak melewatkan kesempatan ini agar lebih mengenal daerahnya,”paparnya
Sementara, Kepala Bidang Aplikasi, Informasi dan Komunikasi Publik (AIKP) pada Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Banten Amal Herawan Budhi menjelaskan, rute Perjalanan Torch Relay Asian Games 2018 akan dimulai dari Pelabuhan Merak hingga Museum Negeri Banten pada Kamis (9/8/2018) pukul 17:33 hingga pukul 21:50 WIB. 
   
Terdapat 5 lima titik seremoni beserta pihak yang bertanggung jawab terhadap kelangsungan kegiatan ini diantaranya pertama titik Pelabuhan Merak menuju Landmark Kota Cilegon yang, kedua yakni titik Rumah Dinas Walikota Cilegon hingga Perumahan BMW, ketiga yakni titik perumahan BMW menuju Danau Tasikardi, keempat yakni titik Danau Tasikardi menuju Stadion Maulana Yusuf dan terakhir titik Stadion Maulana Yusuf menuju Museum Banten. 
   
“Setelah bermalam di Museum Negeri Banten keesokan harinya Torch Relay akan berlanjut menuju Jawa Barat,”jelas Amal
   
Amal menambahkan, kegiatan Torch Relay Asian Games 2018 yang berlangsung melewati Provinsi Banten akan didukung oleh sejumlah pihak diantaranya FORKOMINDA Provinsi Banten, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Banten, Purna Paskibra Indonesia (PPI) Banten, Kwartir Daerah (Kwarda) Banten, Asosiasi Pencak Silat Tradisional Banten Indonesia (APTBI), Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Banten dan sejumlah Pelajar maupun Mahasiswa. 
   
“Kegiatan ini telah kami sosialisasikan secara maksimal baik melalui media luar ruang maupun media massa. Tujuannya adalah agar semakin banyak masyarakat Banten maupun luar Banten yang tertarik untuk turut serta dalam Pawai Obor ini,”ujar Amal. 

Baca juga: Asian Games - Banten Siap Sambut Pawai Obor Asian Games 2018
Meninjau lokasi obor di Museum Banten

Pewarta: Ganet Dirgantara

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018