Tarakan (Antaranews) - Kegiatan Rakornas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) secara resmi dibuka di Kota Tarakan Kalimantan Utara.

Acara diawali dengan dendang lagu melayu  khas Kota Tarakan terdengar menggema di lokasi acara Gala Dinner Rakornas APEKSI dilaksanakan tanggal  23-28 Juli 2018.
   
"Kami berbahagia, atas berkenannya dewan Apeksi memilih Kota Tarakan sebagai tuan rumah Rakornas Apeksi yang ke 13," ujar Walikota Tarakan Sofyan Raga dalam Gala Dinner di Tarakan, Selasa.
    
Dia mengatakan dalam kesempatan ini akan memperkenalkan Kota yang terletak di bagian Utara Provinsi Kalimantan Utara.

Sementara dia menambahkan, Kota Tarakan memiliki sejarah yang sampai ini terus dicatut di dalam sejarah Indonesia. Dimana Tarakan merupakan daerah yang didatangi oleh Hindia Belanda untuk mengembangkan sumber minyak di Indonesia.
   
"Sehingga saat ini, kami membuka museum minyak yang menjadi lokasi Pembukaan Rakornas tahun ini," ujar dia menutup sambutan.
   
Sementara, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany sekaligus ketua umum Apeksi, menjelaskan rakornas kali ini akan fokus membahas bilateral antara daerah di Indonesia. Untuk bekerjasama dan saling membantu untuk membangun daerahnya masing-masing.
   
"Misalnya bagaimana mengembangkan UMKM dan IKM di Indonesia. Kemudian proses pembangunan tata ruang. Nanti akan dibahas dalam rakornas ini," ujar Airin.
   
Sementara Gala Dinner tersebut dimeriahkan oleh berbagai hiburan. Seperti Ketua Apeksi bersama Walikota perempuan lainnya menampilkan kemampuannya bernyanyi salah satunya lagu Terajana. Kemudian Walikota Tarakan yang sempat mendendangkan sebuah lagu. Juga hiburan budaya lainnya dalam rangka mengenalkan Kota Tarakan kepada tamu dan peserta Apeksi.
   
Gala Dinner tersebut ditutup dengan kehadiran artis dangdut Indonesia yang sedang populer karena salah satu lagunya menduduki chart Billboard 20 besar. Siti Badriah yang menyanyikan lagu-lagunya yang terkenal. Salah satunya adalah Lagi Syantik.

Baca juga: Walikota Tangerang Hadiri Apeksi Di Cirebon

Pewarta: Annisa

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018