Tangerang (Antaranews Banten) - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah memanfaatkan botol bekas minuman untuk media bertanam di halaman rumahnya di Jalan Sinar Hati Karawaci.
     
Botol bekas minuman tersebut dijadikan sebagai pot untuk berbagai jenis tanaman seperti labu dan oyong dan ditanam di tembok masuk kediamannya.
   
Bahkan, beberapa perkarangan yang tersedia pun dimanfaatkanya bersama istrinya untuk becocok tanam berbagai jenis sayuran lainnya maupun buahan.
   
"Alhamdulillah, setelah satu setengah bulan ditanam, oyong dan labu sudah bisa dinikmati sekarang dan menjadi menu makanan," ujarnya.    
   
Kegiatan bertani dengan memanfaatkan perkarangan rumah memang sudah dilakukannya sejak dirinya cuti sebagai Wali Kota saat melaksanakan tahapan kampanye empat bulan lalu.
   
Agar tak diam saja selama cuti kampanye, dirinya mengajak keluarganya untuk bercocok tanam. Setelah 120 hari dan kembali sebagai Wali Kota, Arief dan istrinya melakukan panen kangkung.
   
Dijelaskannya, meskipun kota Tangerang sudah menggalakkan program Tangerang Berkebun, namun tidak banyak masyarakat yang secara proaktif memanfaatkan lahan yang ada untuk tanaman produktif. 
   
Banyak diantara mereka yang malah membangun lahan kosong tersebut untuk kontrakan atupun bangunan lain.
   
Untuk itu melalui contoh nyata yang diberikannya, mudah-mudahan masyarakat bisa lebih termotivasi untuk melakukan penghijauan di sekitar tempat tinggalnya.

Baca juga: 70 Pegawai Tangerang Ikuti Ujian Penyesuaian Ijasah

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018