Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) ikut serta dalam acara Pameran Pertamina SMEXPO Nasional _(Small Medium Enterprise Expo_) dengan Tema Lokal jadi Vokal yang berlangsung di Grand Atrium, Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan pada Selasa hingga Minggu, 22-28 Oktober 2024.

Pameran ini menjadi puncak dari rangkaian acara SMEXPO yang sebelumnya telah diselenggarakan oleh Pertamina Patra Niaga Regional JBB di dua lokasi yaitu di kantor Pertamina Patra Niaga Regional JBB dan Cihampelas Walk Bandung. 

_Opening ceremony_ dari pameran Pertamina SMEXPO Nasional 2024 dihadiri oleh Menteri Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Maman Abdurrahman, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim, Plt. Deputi Bidang UKM  Temmy Satya Permana, Direktur Utama PT Pertamina Persero Nicke Widyawati, Direktur Sumber Daya Manusia PT Pertamina Persero M. Erry Sugiharto, Corporate Secretary PT Pertamina Persero Brahmantya Satyamurti Poerwadi.  

Dalam pameran ini terdapat setidaknya 43 tenant UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang bergabung dengan 11 diantaranya merupakan bagian dari Mitra Binaan Pertamina Patra Niaga Regional JBB, 2 tenant lainnya merupakan jebolan dari UMK Academy serta 1 mitra binaan yang berasal dari program CSR _(Corporate Social Responsibility_) Pertamina Patra Niaga Regional JBB. UMKM tersebut bergerak di berbagai macam industri yang meliputi _Fashion_, _Craft_ dan juga _Food and Beverage_. 

Baca juga: Pertamina Patra Niaga Regional JBB raih penghargaan ESG Nusantara 2024

Jajaran Mitra Binaan Pertamina Patra Niaga JBB yang ikut dalam partisipasi pada Pameran Nasional SMEXPO meliputi, CV. Cimandala Makmur Sejahtera, Pekatan Batik, Rumah Madu Simpul Hati, Sale Pisang Kharisma, Nukuma Soes, Soulmate Bedsheet, Gammara Leather, Bawadi Coffee, Ramazi Boutique, Narita Shibori, Tanzif Natural, Amare Stola, Say Bonsai, Kopi Berbagi. Hal ini menunjukan bahwa kualitas dari produk Mitra Binaan Pertamina dapat bersaing dengan baik di pasar.

Dalam kesempatan ini, Mitra Binaan dari Pertamina dapat mempromosikan dan memasarkan produk-produk unggulannya kepada masyarakat dan komunitas-komunitas di Indonesia, baik melalui pameran _offline_ maupun sesi _Live Shopping_ yang akan berlangsung selama pelaksanaan pameran. 

Sebelumnya, Pertamina Patra Niaga Regional JBB juga telah berhasil melaksanakan kegiatan serupa, salah satunya seperti SME Market 2024 yang diadakan di Gandaria City lalu. Tentunya tujuan dari program ini dilaksanakan untuk mendorong dan mendukung UMK agar dapat lebih berkembang dan maju. Lebih lanjut dengan mengikuti program pameran seperti ini diharapkan dapat membantu meningkatkan _revenue_ dari para Mitra Binaan.

Pertamina SMEXPO Nasional Lokal Jadi Vokal menampilkan berbagai kegiatan menarik dan tentunya bermanfaat, mulai dari _talkshow_ yang dibawakan oleh narasumber yang profesional, _workshop_ dengan edukasi kerajinan, _games activity_, bedah buku SME 1000,  juga rangkaian performance yang akan dihadiri oleh artis ternama. 

Baca juga: Pertamina Patra Niaga RJBB tutup gelaran SME Market 2024 dengan sukses

Sesi _talkshow_ akan dibawakan dengan tema dan narasumber yang berbeda selama 6 hari. Hari pertama talkshow akan dipandu oleh Eno Bening, diikuti oleh Rowland Asfales pada hari kedua. Neysa Valeria akan mengisi materi di hari ketiga, dan Prita Ghozie pada hari keempat. Aston Utan akan tampil di hari kelima, dan Jenahara Nasution akan menutup rangkaian _talkshow_ pada hari terakhir. 

Selain _Talkshow_, tentunya Pertamina SMEXPO juga menghadirkan rangkaian workshop menarik, seperti Macrame _workshop_ by Bermain Tali, 3D Flower Lamp dan Soft Clay Mirror workshop by SKOLA, Fluffy Bag _workshop_ by Dialy of Art, Resin Popsocket _workshop_ by Kadi Atelier, serta Jamu _Workshop_ by Suweorajamu. Lebih lanjut,  rangkaian penampilan juga akan ikut meramaikan acara, mulai dari performance band, battle dance hingga penampilan penyanyi ternama Lyodra yang akan hadir dalam penutupan acara. 

Area Manager Communication, Relation & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan juga mengatakan bahwa dengan berjalannya program pameran ini diharapkan dapat memberikan eksposure lebih dan juga koneksi kepada Mitra Binaan karena sesungguhnya pameran ini bukan hanya menjadi tempat untuk melakukan promosi namun juga dapat menjadi wadah untuk memperluas jaringan bisnis dan meningkatkan daya saing.

“Tentunya dengan dukungan yang tepat, kami yakin Mitra Binaan Pertamina mampu untuk berkembang lebih besar dan dapat memberikan kontribusi terhadap perekonomian lokal. Selain itu rangkaian pameran Pertamina SMEXPO Nasional 2024 juga sejalan dengan SGDs _(Sustainable Development Goals)_ poin 8 yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi”, tutup Eko dalam keterangan resminya.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga Regional JBB kembangkan UMK dengan SME

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024