PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten menorehkan prestasi gemilang dengan berhasil meraih penghargaan Juara 1 "Best Risk Containment" HSSE "Award" 2024 dalam ajang "Culture Festival" PT PLN (Persero).

Penghargaan ini memantapkan posisi PLN UID Banten yang selalu berkomitmen dalam penerapan sistem "Health, Safety, Security, and Environment"  (HSSE) atau Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) khususnya dalam aspek manajemen dan pengendalian risiko.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Direktur Legal dan Manajemen "Human Capital" PT PLN (Persero), Yusuf Didi Setiarto kepada General Manager PLN UID Banten, Moch. Andy Adchaminoerdin (Andy Acha) pada Ajang Culture Festival, dalam rangkaian peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-79  tahun 2024 di PLN Kantor Pusat, Jakarta.

Baca juga: PLN raih tujuh penghargaan Anugerah Humas Indonesia 2024

Andy Acha menjelaskan bahwa PLN UID Banten berhasil memperoleh penghargaan bergengsi ini terkait implementasi program-program yang terstruktur dalam "Risk Containment". 

Langkah-langkah yang dilakukan oleh PLN UID Banten meliputi evaluasi risiko secara berkala, pelatihan keselamatan bagi seluruh pegawai, serta pengembangan teknologi dan inovasi untuk monitoring risiko secara "real-time" dengan menggunakan "tools" CCV (Critical Control Verification).

“Penghargaan ini merupakan bukti nyata dari komitmen kami untuk terus meningkatkan standar keselamatan kerja dan menjalankan praktik HSSE yang terstandarisasi dan berkelanjutan. Kami terus berusaha memastikan bahwa setiap pekerjaan berjalan dengan aman dan sesuai dengan prosedur pengendalian risiko yang telah ditetapkan,” kata Andy Acha dalam keterangan resminya.

Baca juga: PLN Banten lakukan pemutakhiran data pelanggan tingkatkan layanan

Ia menambahkan bahwa program unggulan yang mendukung keberhasilan PLN UID Banten antara lain adalah penerapan "tools" CCV yang merupakan inovasi digital dan berfungsi untuk mengendalikan potensi bahaya dan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan kerja. Selain itu, pelatihan intensif bagi seluruh pegawai dalam penanganan keadaan darurat turut menjadi faktor penting dalam pengendalian risiko.

“Kami dapat memastikan bahwa seluruh tim memiliki kemampuan yang optimal dalam menangani risiko, sehingga operasional berjalan aman dan efisien. Semua upaya ini adalah agar seluruh personel PLN dapat bekerja dengan aman sehingga lebih cepat, sigap, dan efektif melayani pelanggan PLN,” katanya.

Selain fokus pada teknologi dan pelatihan, PLN UID Banten juga telah menjalankan kampanye internal secara rutin untuk meningkatkan kesadaran keselamatan kerja di kalangan pegawai. Kampanye ini mencakup 'workshop', diskusi, serta sosialisasi yang berkelanjutan, dengan tujuan memastikan budaya keselamatan kerja tertanam di setiap individu.

Baca juga: PLN siap layani kebutuhan energi bersih untuk pertumbuhan investasi
 

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024