Team WRT memaksimalkan kehadiran Sean Gelael walau sang pembalap asal Indonesia itu harus datang pada saat akhir pada balapan Fanatec GT World Challenge Europe (GTWCE) Sprint Cup di Barcelona, Spanyol.

Bersama Calan Williams (Australia), Sean memastikan tim asal Belgia ini menyapu bersih kategori Silver Cup pada putaran terakhir tersebut.

Pada hari pertama, Sabtu (12/10) Sean memang tak maksimal karena tak ikut free practice dan pre-qualifying, namun langsung ikut babak Qualifying 1 dan Race 1. Dan saat lomba sore harinya turun hujan deras di Sirkuit Catalunya. Sean dan Calan hanya bisa finis di P5.

Baru pada Minggu kondisi membaik, di mana Calan membawa WRT 30 start dari P5 untuk Race 2. Dan saat lomba dia berhasil naik hingga ke P2. Posisi ini sudah cukup baginya untuk meraih gelar juara pembalap, walau sayangnya rekan setimnya sejak awal musim, Sam de Haan (Inggris) tak kebagian gelar karena ia absen di Barcelona dan digantikan oleh Sean.

Pit stop wajib pada separuh jalan lomba yang berdurasi 60 menit itu membuka jalan Sean ambil kemudi dari tangan Calan. Dan Sean berhasil menjalankan tugasnya dengan baik sambil memperlihatkan skill yang selama ini dia miliki di ajang FIA WEC, bagus dalam mempertahankan posisi dan tak mudah disusul bersama mobil BMW M4 GT3.

Baca juga: Sean Gelael bersama Tim WRT 31 finis kedua di balapan 24 jam Le Mans

Sean berhasil menyelesaikan lomba di P2, sekaligus memastikan Team WRT meraih gelar juara tim kategori Silver Cup. Pesaing utama WRT yang sebelum Race 2 hari Minggu masih memimpin klasemen, AF Corse dengan mobil andalan nomor 71, hanya bisa finis di P7 dan bahkan merosot ke ranking tiga kategori tim.

Pasangan Aurelien Panis/Cesar Gazeau dari tim Boutsen VDS kembali memenangkan balapan kategori Silver seperti pada Race 1 hari Sabtu. Walau begitu mereka harus puas di posisi dua untuk kategori pebalap dan tim.

GTWCE Sprint Cup digelar selama lima putaran dengan total 10 race. Sean tidak ikut semusim penuh dan hanya menggantikan de Haan pada putaran pamungkas di Barcelona.

Sean tentu saja senang dengan sumbangsihnya bagi WRT. "Walau tampil sebentar dan sebagai pengganti, tapi saya senang bisa ikut mengantarkan Calan dan Team WRT jadi juara Silver Cup. Selamat untuk mereka, dan tentu saja juga buat Sam de Haan karena dia adalah bagian dari Team WRT," kata Sean Gelael dalam keterangan resmi yang diterima media.

Baca juga: Sean Gelael bertekad tampil konsisten di sisa seri FIA WEC 2024

Balapan berikut Sean Gelael adalah putaran terakhir FIA WEC, 8 Hours of Bahrain pada 2 November 2024. Sean dan Team WRT 31 masih berpeluang jadi Vice-Champions alias runner-up dunia kelas LMGT3.

Hasil Lomba GTWCE - Kategori Silver
1. Aurelien Panis/Cesar Gazeau (Boutsen VDS)
2. Sean Gelael/Calan Williams (Team WRT)
3. Simon Reicher/Karol Basz (Eastalent Racing)

Klasemen Akhir Silver Cup
Tim
1. Team WRT - 118.5
2. Boutsen VDS - 113.5
3. AF Corse - 112.5

Pembalap
1. Calan Williams - 118.5
2. Aurelien Panis/Cesar Gazeau - 113.5
3. Sam de Haan - 100.5

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024