Jakarta (Antaranews Banten) - Mudik gratis terutama bagi masyarakat yang tinggal di pulau terluar menjadi sasaran PT Pelabuhan Indonesia 1 (Pelindo 1) dalam lebaran kali dengan membagi-bagikan tiket pulang pergi gratis ke daerah-daerah tersebut.
   
"Sasarannya pulau-pulau terluar seperti Anambas, Natuna, dan lainnya yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat yang akan berkumpul keluarganya," kata Direktur Utama Perlindo 1, Bambang Eka Cahyana saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.
     
Berbeda dengan BUMN lain di Jawa yang menyediakan angkutan bus, maka Pelindo 1 justru membagi-bagikan tiket gratis pulang-pergi kelas ekonomi, sudah termasuk bekal makanan dan minuman selama perjalan.
     
Bambang mengatakan fokus pemberangkatan pemudik Medan, Tanjung Pinang, Batam serta pulau-pulau terluar.
     
Bambang menjelaskan, untuk program mudik gratis mencapai 2.815 penumpang naik 360 persen dibandingkan tahun lalu 780 penumpang, sedangkan secara total keberangkatan dari wilayah tersebut 4.320 naik 195 persen dibandin tahun lalu sebanyak 2.430 penumpang.
   
Pelaksanaan tanggal 9 Juni sendiri merupakan gelombang kedua, setelah sebelumnya sudah diberangkatkan untuk gelombang pertama.
   
Bambang mengatakan, tiket gratis yang disiapkan untuk rute pulau terluar merupakan kerja sama dengan PT Pelini saat ini sudah habis dibagikan.

Baca juga: Pelindo 1 Rampungkan Penataan Kembali Pelabuhan Belawan

Pewarta: Ganet Dirgantara

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018