Cilegon (Antaranews Banten) - Aktivis lingkungan, Titin Kholawiyah berharap Presiden memperhatikan nasib pulau-pulau kecil yang banyak terdapat di wilayah Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang Banten terkait dengan kunjungan Presiden ke kampus Al-Khairiyah Kota Cilegon.

"Kami berharap dengan kunjungan Presiden ke Kota Cilegon dapat memperhatikan kondisi lingkungan termasuk yang ada di wilayah Bojonegara," kata Titin di Cilegon, Sabtu.

Pasalnya dalam setiap kunjugan Presiden seringkali menyebut kekayaan wilayah Indonesia termasuk jumlah pulau yang mencapai 17.000 pulau.

Wilayah Kabupaten Serang memiliki sejumlah pulau kecil, namun beberapa diantaranya telah bersatu dengan daratan karena adanya reklamasi untuk kepentingan industri, seperti Pulau Cikantung, Pulau Kemanisan, dan Pulau Tanjung Batu.

Menurut Titin Kholawiyah, pulau merupakan sebidang tanah yang lebih kecil dari benua, lebih besar dari karang yang dikelilingi air, Sehingga ketika pulau tersebut sudah menyatu dengan daratan maka substansi dari pulaunya menjadi hilang, ekosistem disekitarnyapun turut hilang karena perubahan fisik.

"Bagi kami pulau kecil sangat berarti, tapi substansi pulau di wilayah kami saat ini sudah hilang. Bentuk nya sudah bukan lagi pulau karena sudah direklamasi," katanya.

Tak hanya berdampak pada aktivitas dan mata pencaharian nelayan sekitar, tetapi juga kehidupan masyarakat. Jika Anak-anak pada masa 10 hingga 15 tahun lalu masa kecilnya masih bisa menemukan tembikil sejenis tripang, dan sejumlah biota laut dan menyaksikan ribuan burung bertebangan di sekitar pulau, kini tidak bisa lagi dirasakan, jelas Titin.

"Semoga Pak Joko Widodo, bisa melindungi dan menjaga serta mengembalikan habitat dan keanekaragaman hayati pulau di wilayah kami karena ini juga sangat berdampak pada kehidupan nelayan. Karena sejak adanya reklamasi, kami tak lagi menjumpai penyu, burung dan keanekaragaman hayati lainnya," ujar dia.

Sementara itu, Marhumah warga Kepuh Kecamatan Bojonegara yang kesehariannya berprofesi sebagai pencari ikan mengaku, Sejak adanya reklamasi pulau di kawasan Bojonegara, dirinya kesulitan mencari ikan di tepi laut.

Dampak reklamasi membuatnya beralih profesi menjadi kuli serabutan, sekarang untuk menangkap ikan suit kalau dari pinggir pantai, ujar dia.

Sebelumnya dalam kunjungan Presiden Joko Widodo dalam Harlah Al Khairiyah Ke-93 seorang warga yang mengikuti kuis diminta menyebutkan nama-nama pulau di Indonesia, salah satunya warga tersebut menyebutkan pulau Cikantung.

Baca juga: Presiden Jokowi: Jangan Sampai Tidak Akur Dengan Tetangga

Pewarta: Susmiyatun Hayati

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018