Pandeglang (Antara News Banten) - Bupati Pandeglang, Provinsi Banten Irna Narulita menyatakan saat ini sedang fokus menggembangkan bidang kemaritiman, namun sektor lain juga tetap digarap.
   
"Bidang maritim kita giatkan, disamping sektor lain seperti pertanian, pariwisata dan agro wisata," katanya di Pandeglang, Jumat.
   
Kabupaten Pandeglang memiliki potensi maritim yang luar biasa, dan jika dikelola secara maksimal bida menjadi salah satu sektor yang mempu mendorong kemajian ekonomi daerah ini.
   
Bahkan, kata dia, kehidupan masyarakat, terutama para nelayan akan terus meningkat dengan optimalisasi pengelolaan bidang maritim ini.
   
Selain itu, kebutuhan ikan warga setempat juga bisa secara bertahap tercukupi, dan tidak perlu lagi mendatangkan dari luar daerah.
   
Pandeglang memiliki panjang pantai sekitar 250 km dan lahan untuk budi daya ikan air tawar  cukup luas. Jika potensi tersebut dimaksimalkan makap produksi akan melimpah, bahkan bukan hanya mampu mencukupi kebutuhan warga setempat, tapi dapat memasok ke daerah lain.
   
Pemkab Pandeglang, kata dia, menargetkan daerah ini menjadi penghasil ikan dan menjadi pemasok untuk kebutuhan warga daerah lain di Provinsi Banten.
   
Kepala Dinas Perikanan Wowon Dirman mengatakan tingkat konsumsi ikan warga setempat masih relatif rendah dan masih di bawah terget normal.
   
"Target normal konsumsi ikan yakni 41 kg per orang per tahun, sementara konsumsi masyarakat Pandeglang baru 25 kg per orang per tahun," katanya.
   
Ia juga menyatakan terus menyosialisaskan program gemarikan pada masyarakat, dan diharapkan ke depan tingkat konsumsi bisa mencapai target normal yang telah ditetapkan.

Baca juga: Sekaya Maritim Diyakini Tingkatkan Pendapatan Masyarakat Lebak

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018