Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa pada Kamis, sebagian kota besar di Indonesia diperkirakan hujan ringan, seperti Jakarta, Bandung, Serang, Denpasar, Tanjung Pinang, Manado, dan Kendari.

Prakirawan cuaca BMKG Pramudhian Firdaus mengatakan, untuk Pulau Sumatera, Banda Aceh, Kota Medan, Kota Pekanbaru, dan Tanjung Pinang, diperkirakan hujan dengan intensitas ringan. Kemudian, katanya, Padang diperkirakan hujan dengan intensitas sedang, dan Lampung diperkirakan berawan tebal.

Adapun Palembang, ujar Pramudhian, diperkirakan ada udara kabur, dan Pangkal Pinang serta Jambi diperkirakan hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di. 

"Dan juga untuk Kota Bengkulu diperkirakan hujan dengan intensitas sedang," ujarnya.

Di Pulau Jawa, dia menuturkan, Yogyakarta diperkirakan cerah berawan, sementara Semarang, dan Surabaya  diperkirakan cerah berawan. Hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di Kota Jakarta, Kota Serang, dan Kota Bandung.

Baca juga: Cuaca di sebagian besar wilayah di Indonesia berpotensi hujan

Di Bali dan Nusa Tenggara, dia melanjutkan, Kupang diperkirakan cerah berawan, sedangkan Mataram diperkirakan berawan, dan Denpasar hujan dengan intensitas ringan. 

Di Pulau Kalimantan, katanya, untuk Kota Samarinda dan Kota Banjarmasin diperkirakan hujan dengan intensitas ringan.

"Kemudian untuk Kota Tanjung Selor diperkirakan hujan dengan intensitas sedang. Perlu diwaspadai akan terjadinya petir di Kota Pontianak, dan juga hujan disertai petir perlu diwaspadai di Kota Palangkaraya," dia menambahkan.

Selanjutnya, di Pulau Sulawesi, kondisi berawan hingga berawan tebal terjadi di Kota Makassar dan Kota Gorontalo. Kemudian, katanya, untuk Kota Manado dan Kota Kendari diperkirakan hujan dengan intensitas ringan. DIa juga mengingatkan risiko hujan disertai petir di Kota Mamuju dan Kota Palu.

Di Maluku dan Papua, katanya, Kota Merauke diperkirakan berawan tebal, sednagkan Untuk Kota Ambon diperkirakan hujan dengan intensitas ringan.

"Kemudian hujan dengan intensitas sedang diperkirakan terjadi di Kota Sorong, Kota Manokwari, Kota Nabire, Kota Jayapura, dan Kota Jayawijaya. Perlu diwaspadai akan potensi terjadinya hujan disertai petir di Kota Ternate," dia menuturkan.

Baca juga: Tingkatkan kesiapsiagaan, empat UPT Damkar Tangerang direvitalisasi

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024