Tangerang, 16/4 (Antara) - Kepala Badan Kepegawai Nasional (BKN) Kantor Regional III Imas Sukmarya mengatakan, Pemkot Tangerang menjadi satu-satunya Pemda yang sudah siap untuk melaksanakan program kenaikan pangkat "less paper" sehingga sangat memudahkan para pegawai dan juga mempersingkat waktu pengurusan kenaikan pangkat.

"Mungkin Oktober 2018 Pemkot Tangerang sudah siap melaksanakan kenaikan pangkat less paper," ujarnya.

Oleh karena itu, BKN pun memilih Kota Tangerang sebagai tuan rumah pelaksanaan sosialisasi sistem kepegawaian tingkat nasional aplikasi SAPK dan modul pelayanan pensiun SAPK dan workshop inovasi sistem kepegawaian

"Kenapa di Kota Tangerang, selain karena kemarin juga telah menjadi tuan rumah untuk kegiatan workshop, juga karena baru Pemkot Tangerang yang sistem kepegawaiannya sudah terintegrasi dengan MY SAPK BKN," katanya.

Sebagai informasi My SAPK BKN adalah sistem aplikasi pelayanan kepegawaian badan kepegawaian negara untuk memudahkan BKN dalam melakukan kegiatan administrasi kepegawaian Negara seperti penginputan data PNS, gaji, dan lainnya.

Kemudian ASN juga bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk mendapatkan pelayanan mutasi, pensiun dan kenaikan pangkat.

"Pelayanan mutasi, pensiun, dan kenaikan pangkat bisa diakses melalui Aplikasi My SAPK dan Modul Pelayanan Pensiun SAPK," terangnya.

Deputi Sistem Informasi BKN Iwan Hermanto, menjelaskan bahwa perlu ada perubahan dalam menajemen SDM dan salah satunya adalah dengan menggunakan Teknologi Informasi.

"Saat ini banyak daerah sudah mempunyai sistem pelayanan kepegawaian yang sudah baik. Bahkan masing-masing kota punya sistem hebatnya lagi ada satu instansi punya lima jenis sistem informasi," paparnya.

Baca juga: Pemkot Tangerang Terapkan Sistem Online Kenaikan Pangkat
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018