Pelaksanaan uji coba makan bergizi gratis oleh Pemerintah Kota Cilegon, Banten 19-23 Agustus atas dukungan dana CSR sejumlah industri salah satunya dari PT Chandra Asri Group. 

Legal and External Affairs Director Chandra Asri, Edi Riva’i mengatakan PT Chandra Asri Group mendukung berjalan nya pelaksanaan uji coba makan bergizi gratis di Kota Cilegon dalam rangka  mensupport program pemerintahan Prabowo-Gibran, dalam membantu meningkatkan kesehatan anak-anak sekolah dengan gizi yang cukup. 

Berjalannya program makan bergizi gratis juga diharapkan dapat meningkatkan nilai keekonomian dengan meningkatkan penggunaan produk dalam negeri. Baik kemasan makanan, minuman nya semuanya menggunakan produk dalam negeri. 

"Chandra Asri ada 2.005 paket yang dilaksanakan di SDN Kedaleman IV dan SMPN 5 Cilegon. Per paketnya itu Rp25.000 dan itu sudah memenuhi standar nilai gizi, anak-anak sudah coba dan mereka senang banget. Chandra Asri mengaku siap mendukung, khususnya untuk ketersediaan untuk menunjang kemasan makanan, botol minuman yang dapat didaur ulang," kata Edi Riva'i selaku Legal & External Affairs Director Chandra Asri.

Baca juga: Pemkot Cilegon lakukan uji coba makan bergizi gratis di SDN Kedaleman 4

Hal itu disampaikan Edi Riva'i usai menghadiri kunjungan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden RI, Jenderal TNI Purnawirawan Wiranto, Rabu (21/8), yang datang meninjau pelaksanaan uji coba makan bergizi gratis di SDN Kedaleman IV Kota Cilegon.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan, saat ini uji coba makan bergizi gratis dilaksanakan di 23 sekolah tingkat SD dan SMP di Kota Cilegon, dengan menyasar sebanyak 10.314 siswa. 

"Uji coba makan bergizi gratis ini, kami laksanakan melibatkan 12 perusahaan di Kota Cilegon. Menyasar 10.314 siswa di 23 sekolah tingkat SD dan SMP," kata Helldy.

Baca juga: Percontohan makan bergizi gratis, Pemkot Cilegon libatkan 23 sekolah

Dalam kunjungannya, Wiranto yang didampingi Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, berkeliling melihat pelaksanaan uji coba makan bergizi gratis dengan meninjau kelas-kelas dan menyapa para siswa. 

Wiranto mengatakan kedatangannya untuk memastikan kesiapan daerah mengingat program ini merupakan program pemerintah pusat yang nantinya akan digelar serentak di banyak sekolah sehingga membutuhkan kesiapan yang matang, baik dari sisi standar gizi, standar makanan, harga dan pengawasan kesehatan.

Wiranto juga mengapresiasi pelaksanaan uji coba makan bergizi gratis di Cilegon yang mempelopori mengajak perusahaan secara bersama-sama terlibat dalam kegiatan ini.

"Makan bergizi gratis yang ada di Kota Cilegon ini bagian dari satu program nasional yang didukung oleh perusahaan -perusahaan di sini yang CSR nya diberikan untuk membantu mendukung program ini. Ini sangat bagus, sehingga ada satu katakanlah kerjasama antara swasta dan pemerintah. Jadi makan bergizi gratis untuk mencerdaskan kehidupan bangsa ini tidak semata-mata bulat-bulat ke pemerintah tapi ada suatu kebersamaan. Tentu saja kami sangat mengapresiasi upaya Wali Kota Cilegon Helldy Agustian yang sudah mempelopori mengajak perusahaan terlibat bersama-sama, karena di daerah lain belum ada yang seperti ini," katanya.

Ia menilai pelaksanaan program uji coba makan bergizi gratis di Kota Cilegon yang ditujukan pemerintah pusat sebagai upaya perbaikan gizi sudah berjalan cukup baik. 

Baca juga: Koperasi Karyawan Chandra Asri Group raih penghargaan nasional

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024