Tangerang Selatan (Antara News Banten) - Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany mengingatkan jangan ada lagi pengulangan usulan pembangunan dan perbaikan infrastruktur fisik.

"Misal begini, tahun ini masyarakat usulkan perbaikan jalan A. Direalisasikan tahun depan. Nah di tahun depan juga masyarakat masih mengusulkan perbaikan jalan A. Yang seperti ini kan tidak baik. Justru yang ada pembangunan tidak merata, tidak geser-geser di situ lagi di situ lagi," ujar Airin dalam Forum Diskusi Dinas Pekerjaan Umum di Serpong, Tangerang Selatan, Kamis.

Dia menegaskan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait juga seharusnya bisa mengakomodir aset apa saja yang sudah diperbaiki dan dibangun. Sehingga masyarakat tak hanya mengusulkan materi yang sama pada saat Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang).

Ditambahkan sampai saat ini Tangsel masih fokus melakukan perbaikan beberapa sarana dan infrastruktur yang ada. Sementara seharusnya, ada sebagian perhatian OPD terhadap pusat kota (downtown) yang saat ini belum ada.

"Ini juga menjadi pekerjaan rumah untuk Dinas PU. Kalau di Bandung punya Gedung Sate, Tangsel punya apa? Ini perlu diperhatikan, kita butuh identitas. Dan Downtown adalah salah satu unsur identitas. Jadi saya harap, ini menjadi perhatian juga. Sambil bersamaan memperbaiki infrastruktur yang diusulkan warga," kata Airin.

Baca juga: Pemerintah Bisa Kena Sanksi Biarkan Jalan Rusak

Di tempat yang sama, Anggota Komisi IV DPRD Kota Tangsel Rizky Djonis mengakui saat ini Dinas PU belum pernah menampilkan atau menyampaikan sosialisasi program atau pembangunan apa saja yang sudah dilakukan dan masuk ke dalam RPJMD.

Hal ini membuat masyarakat mengusulkan pembangunan yang sama berulang-ulang.

 "Saya cuma menangkap program apa saja yang akan diusung. Padahal kami berharap dinas memaparkan capaian kinerja terlebih dahulu sebelum memaparkan kinerja unggulan di APBD periode selanjutnya," kata dia.

 Dia mengingatkan pada forum selanjutnya, OPD bisa menerangkan berbagai macam pertanyaan masyarakat. Dengan demikian masyarakat bisa merasa puas. Serta pembangunan juga bisa berlangsung dengan baik," ujarnya.

Pewarta: Annisa

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018