Pemerintah Kota Tangerang bekerja sama dengan Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI) dan PT Diamond Cold Storage Group bersama PT Industri Susu Alam Murni (ISAM) Group terkait pemenuhan 10.000 kotak susu dalam pelaksanaan program uji coba makan bergizi gratis (MBG).

"Kami apresiasi karena telah menyumbangkan 10.000 kotak susu ukuran 200 mililiter untuk pemenuhan gizi para siswa dalam program uji coba makan bergizi gratis," kata Penjabat Wali Kota Tangerang Nurdin saat memantau uji coba makan bergizi gratis di SDN Sukasari 5 Kota Tangerang, Kamis.

Ia juga menuturkan dalam pelaksanaan program uji coba MBG tersebut Pemkot Tangerang melibatkan UMKM lokal sebagai penyedia makanan

"Tentunya selain ingin memastikan ketercukupan bagi anak-anak kita, kami juga ingin membantu menggerakkan roda perekonomian dengan keterlibatan dan peran dari UMKM," katanya.

Baca juga: Program makan bergizi gratis di Kota Tangerang sasar 33.483 siswa

Ia menuturkan program MBG ini tidak hanya bertujuan untuk mewujudkan generasi yang sehat, tetapi juga memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal.

Makanan yang disajikan dalam program ini, juga merupakan hasil kreasi dan olahan dari para pelaku UMKM yang disesuaikan dengan standar kesehatan nasional.

Kemudian simulasi ini sebagai bagian dari implementasi uji coba, di mana program ini diharapkan dapat menyerap tenaga kerja lokal, memberikan peluang ekonomi, dan mendukung pemberdayaan UMKM di wilayah Tangerang.

“Kami berharap uji coba ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan hasil yang positif. Selain mendukung kesehatan anak-anak sekolah, program ini juga akan memberdayakan ekonomi lokal dan menciptakan peluang kerja bagi warga Kota Tangerang,” ujarnya.

Baca juga: Program makan bergizi gratis di Kota Tangerang libatkan 1.551 UMKM

Ketua Tim 5 Program MBG, Taviota Bay mengatakan tujuan diadakan simulasi uji coba MBG tersebut untuk mematangkan strategi dan mitigasi program unggulan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029.

"Apalagi di tanggal 7 Agustus nanti rencananya Presiden atau Wakil Presiden terpilih juga akan meninjau langsung proses berjalannya uji coba MBG ini," katanya.

Kota Tangerang dan Kota Cilegon dipilih langsung oleh Ketua Tim-5 sebagai lokus untuk proyek percontohan program uji coba makan bergizi gratis Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029.

Baca juga: Selama 15 tahun, sekolah Asy-Syukriyyah sudah menerapkan makan siang

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024